Jangan Remehkan Gigi Berlubang, Simak Berikut ini

Jangan Remehkan Gigi Berlubang.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com– Membersihkan gigi secara teratur adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele dan malas untuk melakukannya. Masalah yang paling sering menyerang gigi adalah ngilu pada gigi berlubang. Masalah tersebut sangatlah mengganggu mood kita dalam beraktivitas sehari-hari.


Dilansir dari EMC Healthcare, Rabu (19/6/2024), gigi berlubang disebabkan oleh beberapa hal seperti, sering makan makanan manis, malas membersihkan gigi dan juga cara menyikat gigi yang salah.

Taukah anda penyebab gigi berlubang dan menimbulkan ngilu? Gigi berlubang disebabkan oleh adanya bakteri yang memakan gula dari sisa – sisa makanan yang kita makan dan tidak segera di bersihkan. Kemudian sisa – sisa makanan itu dimakan dan diolah oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
Ada beberapa cara alami untuk mengatasi ngilu pada gigi :

Berkumur dengan air garam : garam mengandung sifat anti-bakteri yang dapat membunuh kuman dan virus penyebab gigi ngilu dan berlubang. Untuk menggunakan ramuan ini caranya mudah yaitu siapkan segelas air hangat kemudian campurkan dengan satu sendok garam. Aduk hingga rata kemudian kumurlah dengan menggunakan air campuran tersebut.


Minyak cengkeh : Kandungan antioksidan pada minyak cengkeh dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa ngilu secara cepat. Selain dapat membunuh kuman penyebab ngilu, penggunaan minyak cengkeh juga sangat aman jika tertelan. Karena cengkeh memiliki kandungan alami dan rasanya yang sama seperti air. Caranya pun mudah yaitu ambillah kapas kemudian celupkan pada minyak cengkeh, lalu tempelkan pada gigi yang terasa ngilu.

Bawang putih dan bawang merah : Mengandung enzim pembunuh kuman dan bakteri penyebab rasa ngilu dan nyeri. Caranya pun mudah, ambillah satu siung bawang putih atau bawang merah kemudian taburi sedikit garam kemudian kunyah perlahan selama 3 menit.

Mengompres Dengan Air Dingin: Selain itu Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu bisa anda lakukan dengan Cara lain mengatasinya adalah mengompres pipi dengan air dingin. Hal ini dilakukan bila terjadi pembengkakan pada gusi.


Menggunakan Cuka Sari Apel : Celupkan bola kapas kedalam cairan cuka sari apel, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit untuk beberapa menit. Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang merupakan obat alami meredakan sakit gigi. Cuka sari apel dapat menyeimbangkan pH di dalam mulut yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan kerusapan pada gigi.

Selain itu cuka sari apel juga memiliki asam asetat dan asam malat yang memurnikan dan mendetoksifikasi gigi yang terinfeksi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *