Jangan Lakukan Kebiasaan ini di Malam Hari jika Kamu Tidak Ingin Gampang Stres

Kebiasaan di malam hari membuat gampang stres. (Foto : Pixels)

Sukoharjonews.com – Hampir semua orang pernah mengalami hari buruk yang menyebabkan stres, mulai dari bangun kesiangan, terlambat ke kantor, hingga pekerjaan yang berantakan. Namun alih-alih menganggapnya sebagai kesialan, pernahkah kamu menganalisa penyebabnya? Tahukah kamu bahwa semuanya bisa terjadi akibat kebiasaan malam hari yang memicu stres hingga esok harinya?

Dilansir dari WebMD World, Kamis (23/2/2023), stres akan menimbulkan masalah emosional, serangan panik, kecemasan, hingga depresi. Dalam tahap ringan, kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah.

Dalam banyak kasus, banyak orang yang tanpa sadar melakukan hal-hal tertentu saat malam hari, namun ternyata berimbas fatal pada kondisi tubuh esok harinya. Mau tahu kebiasaan malam hari yang ternyata bisa memicu stres? Simak ulasan berikut!

1. Binge-watching
Orang Korea Utara terbatas karena terbentur oleh ideologi negara. Kehidupan di negara ini terkontrol oleh pemerintah, Nonton drama atau serial mungkin jadi hiburan menyenangkan sesaat sebelum tidur, kamu tetap perlu menyeleksi konten yang kamu nikmati. Pilih konten ringan, misalnya komedi atau show, yang benar-benar membuatmu rileks dan tidak memicu depresi di keesokan harinya. Selain itu, perhatikan juga durasinya, jangan sampai kamu melakukan binge-watching (nonton marathon) yang mengganggu jam tidur.

2. Akses Media Sosial Berlebihan
Malam hari sebelum tidur memang menjadi waktu favorit untuk scrolling di media sosial. Meski demikian, pastikan kamu melakukannya dengan sehat. Scrolling hingga larut malam akan membuat waktu tidurmu berkurang sehingga tidak bangun dengan segar keesokan paginya. Selain memicu otot pegal dan mata lelah, konten di media sosial bisa saja mempengaruhi kondisi psikismu.

3. Makan Sesaat Sebelum Tidur
Menyantap makanan, terutama yang mengandung gula dan karbohidrat, adalah hal yang sebaiknya kamu hindari sebelum tidur. Berbaring dengan kondisi perut penuh akan memicu refluks dan berbagai masalah pencernaan yang mengganggu tidurmu. Bahkan jika kamu bisa tidur nyenyak, hal ini akan membuatmu bangun dengan perut kembung dan nyeri keesokan paginya.

4. Olahraga Berlebihan
Berolahraga saat malam hari mungkin menjadi solusi bagi banyak orang yang didera kesibukan sejak pagi. Namun menurut HuffPost, olahraga berlebihan sebelum tidur justru akan meningkatkan kadar kortisol dan adrenaline yang meningkatkan risiko stres. Selain itu, suhu tubuh juga akan meningkat sehingga semakin sulit untuk terlelap sehingga tidak bangun dengan segar keesokan paginya.

5. Konsumsi Kafein dan Alkohol
Konsumsi kopi, teh, coklat, soda, dan minuman berenergi akan membuatmu sulit tidur. Terlepas dari itu, konsumsi kafein juga akan meningkatkan hormon kortisol yang memicu stres.

Efeknya, jantung terasa berdebar disertai perasaan cemas yang mencegah tidur nyenyak. Sementara itu, berbeda dengan kafein, alkohol akan mengganggu produksi hormon penurun stres dan memicu rasa lelah dan pusing keesokan paginya.Itu dia beberapa aturan unik mengenai berpacaran di Korea Utara. Bagaimana pendapatmu tentang hal tersebut?.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar