Istirahat Terganggu Karena Flu? Simak Cara Berikut Agar Istirahat Anda Tetap Nyenyak Saat Flu

Cara agar istirahat anda tetap nyenyak saat flu (Foto : Medlineplus)

Sukoharjonews.com – Saat sedang mengalami flu, pastilah sangat mengganggu. Pernapasan kita menjadi terganggu, dan hal itu menjadi sangat menyebalkan. Kondisi ini bahkan membuat kita sulit bernapas, meski sudah berpindah-pindah posisi tidur.

Hidung tersumbat disebabkan karena pembuluh darah yang meradang di sinus. Hal ini dapat disebabkan karena alergi, pilek, sinusitis kronis, dan polip hidung. Mengutip dari WebMD, pada Kamis, (23/2/2023), berikut cara agar istirshat Anda tetap nyenyak di saat sedsng terkena flu:

1. Mandi sebelum tidur
Saat Anda masuk angin, dapatkan manfaat uap dari mandi air panas untuk memudahkan pernapasan. Anda juga dapat mencoba beberapa ide lain: Menjalankan shower dan duduk di kamar mandi beruap dengan pintu tertutup. Membungkuk di atas bak cuci berisi air panas yang mengalir. Atau berikan kompres hangat pada sinus Anda.

2. Gunakan semprotan hidung
Ketika Anda tidak bisa mendapatkan udara di hidung Anda, semprotan hidung jenis ini dapat membantu membuka saluran hidung Anda dan mengurangi rasa tersumbat. Namun berhati-hatilah — menggunakannya selama lebih dari 3 hari berturut-turut dapat memperburuk keadaan.

3. Gunakan nasal strip
Beberapa orang mencoba strip lengket ini untuk meredakan kemacetan saat mereka tidur. Mereka melintasi pangkal hidung Anda untuk membantu meregangkan dan membuka saluran hidung. Strip tidak akan memecah lendir, tetapi memungkinkan lebih banyak ruang untuk aliran udara.

4. Gosokkan salep mentol di dada dan tenggorokan
Untuk meredakan batuk yang sering disertai pilek. Jangan memakannya atau memasukkannya ke dalam hidung Anda. Dan jangan pernah menggunakannya pada anak di bawah 2 tahun.

5. Redakan dengan salep
Gosokkan salep mentol di dada dan tenggorokan untuk meredakan batuk yang sering disertai pilek. Jangan memakannya atau memasukkannya ke dalam hidung Anda. Dan jangan pernah menggunakannya pada anak di bawah 2 tahun.

6. Minum teh
Anda mungkin pernah mendengar bahwa sinus akan lebih mudah kering jika Anda menopang kepala dengan banyak bantal. Dokter mengatakan ini bukan ide yang baik, karena menekuk leher Anda sedemikian rupa sehingga membuat Anda sulit bernapas. Jadi, angkat kepala tempat tidur sebagai gantinya. Anda dapat meletakkan buku besar di bawah kaki kepala tempat tidur dan mengamankannya. Ini menciptakan tanjakan yang lebih lembut dan alami. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar