Intel Core Ultra 200V Series Debut dengan Grafis Xe2 yang Kuat untuk PC AI Mutakhir

Prosesor Seri Intel Core Ultra 200V. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Intel baru saja mengumumkan keluarga prosesor x86 yang paling efisien. Prosesor seri Intel Core Ultra 200V menghadirkan terobosan dalam performa, efisiensi, dan komputasi AI. CPU baru ini hadir dengan grafis terintegrasi yang lebih bertenaga. Jadi, inilah semua yang perlu Anda ketahui.


1. Seri Intel Core Ultra 200V: Apa yang Baru & Apa yang Lebih Baik?
Dikutip dari Gizmochina, Jumat (6/9/2024), Seri Core Ultra 200V terbaru dari pembuat chip ini bertujuan untuk menawarkan peningkatan kinerja dengan efisiensi daya yang lebih baik. Ini dirancang untuk memberikan kinerja daya rendah yang lebih baik untuk PC AI generasi berikutnya.

Intel mengklaim bahwa prosesor terbarunya mengonsumsi daya hingga 50 persen lebih sedikit sekaligus mencapai kinerja hingga 120 TOPS dengan CPU, GPU, dan NPU. Prosesor seri Core Ultra 200V mengemas NPU Intel generasi keempat yang menawarkan hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan model generasi terakhir.

Dengan seri Intel Core Ultra 200V, merek ini berencana menjadikan PC hebat dengan setiap model yang mampu memberikan produktivitas dan masa pakai baterai hingga 20 jam dengan penggunaan kerja biasa. Berkat peningkatan AI, perusahaan dapat memanfaatkan lebih dari 500 model AI yang dioptimalkan untuk membantu pembuatan konten, keamanan, produktivitas, dan permainan. Inilah empat bidang utama yang akan menggunakan teknologi mutakhir Intel.


2. Peningkatan Grafik
Selain membuat prosesor baru lebih cepat dan efisien, Intel telah meningkatkan kinerja grafis dengan grafis terintegrasi Xe2 baru. Xe2 meningkatkan kinerja sebesar 30 persen dibandingkan pendahulunya. Selain itu, GPU Intel Arc bawaan kini mencakup hingga 8x core Xe Generasi ke-2, 8x unit Ray Tracing, dan mendukung hingga tiga monitor 4K. Intel Xe Matrix Extension AI baru menghadirkan hingga 67 TOPS yang membantu aplikasi di bidang kreatif dan juga game.

3. Bisakah mengungguli Apple M3, Ryzen HX 370, & Snapdragon X Elite?
Untuk memamerkan kehebatan prosesor AI barunya, Intel mengadunya dengan seri baru AMD Ryzen HX 370, Qualcomm Snapdragon X Elite, dan bahkan Apple M3. Grafik menunjukkan bahwa prosesor Core Ultra 200V menawarkan kinerja per thread hingga tiga kali lipat dan peningkatan kinerja puncak sebesar 80 persen. Semua itu sekaligus menjanjikan daya tahan baterai hingga 20 jam.

Core Ultra 9 2988V kelas atas mengungguli Ryzen HX 370 dan Snapdragon X Elite serta Apple MC dalam hal kecepatan dan efisiensi daya. Intel memamerkan efisiensi prosesor barunya melalui laptop yang ditenagai baterai 72Wh. Notebook ini berhasil berjalan hingga 14 jam saat menjalankan aplikasi produktivitas atau 9,5 jam saat menjalankan Microsoft Teams.


4. Kapan kita bisa mengharapkannya?
Prosesor Intel Core Ultra 200V saat ini tersedia untuk preorder dan akan dirilis secara global mulai tanggal 24 September 2024. LG Electronics akan menjadi pihak pertama yang meluncurkan jajaran produk barunya dengan LG Gram 16 Pro dengan prosesor Intel Core Ultra (Seri 2), selama acara peluncuran Intel Core Ultra Global.

Merek besar lainnya seperti Acer, Dell, GP, MSI, Samsung, dan lainnya juga akan segera meluncurkan penawarannya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *