Inilah yang Terjadi Jika Anda Terlalu Banyak Makan Nanas

Dampak terlalu banyak mengonsumsi nanas. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Banyak orang menyukai makan nanas karena rasanya yang manis dan tajam. Camilan tropis ini bisa dimakan mentah atau dicampur menjadi smoothie dan minuman.

Dilansir dari Health Digest , Jum’at (19/1/2024), terlalu banyak nanas dapat menyebabkan efek samping buruk yang tidak akan Anda sadari pada buah-buahan lainnya. Pernahkah Anda memperhatikan lidah Anda terasa aneh setelah makan banyak nanas? Ini karena enzim yang disebut bromelain yang mengandung sifat melunakkan. Bromelain dapat mengiritasi mulut dan perut jika Anda makan terlalu banyak.

Nanas mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun nutrisi ini pun harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. “Karena tingginya jumlah vitamin C yang dikandung nanas, mengonsumsi nanas dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare, mual, muntah, sakit perut, atau mulas,” kata Flores kepada Live Science .

Namun, nanas adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda jika Anda memakannya dalam jumlah sedikit. Selain kaya vitamin C, buah ini merupakan sumber thiamin, vitamin B6, folat, mangan, dan potasium yang baik (via Medical News Today). Vitamin dan mineral ini dapat membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker tertentu. Karena nanas tinggi serat dan air, mengonsumsinya dapat melancarkan pencernaan. Bromelain juga dapat membantu pencernaan dengan membantu tubuh memecah makanan lebih mudah.

Nanas yang kurang matang beracun bagi manusia, jadi penting bagi Anda untuk memilih buah yang matang agar dapat menikmatinya mentah-mentah. Pilihlah buah yang daunnya berwarna hijau cerah, menandakan sehat. Nanas yang kurang matang akan terasa keras jika diperas, jadi pilihlah nanas yang memberikan sedikit rasa saat ditekan. Nanas yang sudah matang juga akan berbau harum, terutama di dekat bagian bawah buah. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar