Inilah Tips Menjaga Kulit Saat Pergantian Musim

Menjaga kulit saat pergantian musim. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – erubahan musim identik dengan suhu serta suasana lembab yang silih berganti. Hal tersebut tentunya seringkali membuat kondisi tubuh pun tak menentu serta mempengaruhi imunitas. Selain kondisi kesehatan, perubahan lainnya yang seringkali terlihat ialah terkait kondisi kulit.


Dilansir dari Beautynesia, Kamis (4/5/2023), aat pergantian musim atau pancaroba kulit cenderung lebih kering dan kusam. Hal tersebut terjadi akibat udara yang tidak menentu. Karena itu, saat pancaroba sedang melanda wajib bagi kita untuk lebih aware terhadap kesehatan kulit.

Ada baiknya selama kondisi tersebut kamu lebih memperhatikan skincare apa saja yang cocok digunakan pada kulitmu. Selain itu, kamu juga bisa lho mengikuti lima tips berikut yang pastinya dapat membantumu dalam memperoleh kulit sehat walaupun cuaca sedang tak menentu.

Konsumsi Air Putih yang Cukup
Hal yang seringkali tak disadari banyak orang saat musim pancaroba ialah mengonsumsi air putih. Karena cuaca yang cenderung berubah-ubah terkadang panas terkadang sejuk membuat banyak orang lupa akan pentingnya konsumsi air bagi tubuh.

Padahal jika tubuh kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kulitmu. Seperti yang kamu ketahui bahwa dehidrasi bisa membuat terlihat kusam, berminyak, bahkan bisa bikin makeup tak awet.Sehingga penting bagimu untuk tetap mengonsumsi air putih yang cukup.


Menjaga Kebersihan Wajah
Ketika pergantian musim tiba tentunya bagian ini tidak boleh kamu lewatkan. Yup! Membersihkan wajah merupakan salah satu hal utama dalam perawatan kulit selama pancaroba. Hal ini dikarenakan udara yang cenderung panas namun lembab pada musim ini dapat membuat kulit relatif lebih berminyak.

Tumpukan minyak tersebut dapat mempercepat proses pembentukan komedo dan jerawat. Sehingga ada baiknya kamu membersihkan wajah dua hingga tiga kali sehari dengan pembersih yang sesuai jenis kulit.

Tetap Gunakan Pelembap
Pelembap merupakan hal penting bila kamu ingin memiliki kulit yang kenyal dan terlihat segar. Cuaca yang cenderung berganti disertai suhu yang tinggi dapat membuat kadar air dalam kulit menurun, sehingga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan flaky.

Karena itu pemakaian pelembap merupakan suatu kewajiban. Pastikan bila selama musim ini kamu menggunakan pelembabsesuai dengan jenis kulitmu.


Tetap Gunakan Sunscreen
Salah satu hal yang seringkali dilewatkan banyak orang saat pergantian musim ialah tidak menggunakan sunscreen. Hal ini karena saat cuaca tiba-tiba berganti menjadi sejuk bahkan kerap kali turun hujan, banyak orang yang beranggapan saat hujan matahari tidak bersinar terang.

Padahal anggapan tersebut merupakan suatu hal yang keliru. Karena saat hujan matahari tetap bersinar dan tetap mengandung ultraviolet yang dapat membuat berbagai masalah pada kulitmu. Sehingga penting bagimu untuk tetap menggunakan sunscreen walaupun saat hujan.

Olahraga Rutin
Selama musim pancaroba pastinya banyak orang yang malas untuk berolahraga karena cuaca yang tidak bisa diprediksi. Padahal olahraga berperan penting agar peredaran darah ke kulit wajah tetap lancar dan optimal.

Kunci utama dari regenerasi kulit yang baik adalah kelancaran peredaran darah. Karena itu, sebaiknya kamu selalu meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk bergerak aktif.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *