Inilah Penyebab Panu di Wajah, Kalian Harus Tahu

Penyebab panu dowajah.(Foto:Grid health)

Sukoharjonews.com – Munculnya panu di wajah sering kali mengganggu penampilan dan memicu ketidaknyamanan. Namun, ada beragam cara mengatasi panu di wajah secara alami yang bisa Anda terapkan.

Dilansir dari pyfa health, Selasa(8/10/2024), gejala utama panu adalah bercak berwarna lebih gelap atau terang di permukaan kulit wajah di sekitarnya. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menular, namun bisa mengganggu penampilan. Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi panu di wajah secara alami.

Penyebab Panu di Wajah
Penyebab umum panu di wajah adalah infeksi jamur Malassezia yang berkembang cepat di permukaan kulit. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang memicu munculnya panu di wajah, yaitu:

-Kulit berminyak.
-Cuaca panas dan lembap.
-Produksi keringat berlebih.
-Daya tahan tubuh yang lemah.
-Penggunaan produk skincare yang tidak tepat.
-Perubahan hormon.

Beragam Cara Mengatasi Panu di Wajah Secara Alami
Meski tidak berbahaya, namun kemunculan panu di wajah bisa mengganggu penampilan. Ada beragam cara mengatasi panu di wajah secara alami yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Lidah buaya
Lidah buaya bersifat antiradang dan antijamur yang efektif menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan area kulit yang berpanu dibersihkan terlebih dahulu, lalu ambil daging lidah buaya secukupnya, dan aplikasikan ke area kulit yang berpanu. Penggunaan gel lidah buaya juga bisa dilakukan untuk menghilangkan panu.

2. Bawang putih
Cara menghilangkan panu di wajah secara alami berikutnya adalah bawang putih. Kandungan senyawa allicin pada bawang putih bersifat antijamur, antibakteri, dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi panu. Caranya, iris bawang putih, lalu aplikasikan ke area kulit yang berpanu, diamkan hingga 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Madu
Efek antioksidan, antibakteri, dan antijamur pada madu dapat digunakan untuk mengatasi panu secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan madu ke area kulit yang berpanu setidaknya 2 hingga 3 kali per hari.

4. Jahe
Kandungan senyawa yang disebut gingerol pada jahe bersifat antijamur, antibakteri, dan antiradang, sehingga efektif digunakan untuk mengatasi panu. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh panu. Caranya, iris atau cincang jahe, lalu aplikasikan pada area kulit yang berpanu.

Jika cara-cara alami di atas tidak berhasil mengatasi panu, Anda bisa menggunakan krim dan sampo antijamur atau obat antijamur. Kedua perawatan tersebut efektif mengobati infeksi penyebab panu. Namun, diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikan warna kulit wajah seperti semula.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar