Inilah Penyebab Munculnya Uban Pada Anak Muda, Simak Alasannya

Penyebab uban pada anak muda. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Usia masih muda, tapi kok sudah muncul uban? Ternyata memang uban tak selalu hanya muncul di usia senja atau tua. Banyak yang insecure dengan munculnya uban di usia muda terutama para perempuan, padahal memang banyak yang menjadi faktor pemicunya, dan uban tak selalu menjadi tanda-tanda penuaan

Dilansir dari Healthline, Senin (19/6/2023), Tumbuhnya uban juga merupakan proses alami yang dialami seseorang. Folikel rambut akan kehilangan kemampuannya dalam memproduksi pigmen warna seiring dengan bertambahnya usia, sehingga rambut bisa menjadi berwarna putih atau beruban.

Stres
Stres merupakan salah satu penyebab uban bisa muncul di usia muda. Bukan faktor pemicu utama, namun stress mempercepat pertumbuhan uban. Dilansir dari Healthline, penelitian Harvard University mengamati kortisol, suatu hormon stress yang timbul di dalam tubuh ketika dalam kondisi tertekan.

Nantinya jika hal ini terjadi terus menerus, dapat memengaruhi sistem saraf simpatik, salah satunya folikel rambut. Cobalah untuk lebih bisa mengelola stres agar dapat mencegah uban muncul di usia muda.

Faktor Genetik
SeTernyata faktor genetik juga menjadi alasan uban dapat muncul di usia muda. Faktor genetik biasanya diturunkan dari orangtua atau kakek nenek. Faktor genetik ini tidak bisa dirubah jika sudah terlanjur ada, tapi kamu bisa menutupinya dengan mengecat rambut. Siap tampilan yang lebih fresh deh!

Autoimun
Salah satu yang juga menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia muda yaitu karena penyakit autoimun. Autoimun merupakan gangguan kesehatan ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi dirinya untuk melawan virus, bakteri dan benda asing ke dalam tubuh. Penyakit autoimun membuat sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut, lalu menyebabkan hilangnya pigmen yang memberikan warna rambut sehingga bisa muncul uban di usia muda.

Banyak Menggunakan Produk Perawatan Rambut
Padahal rajin merawat rambut itu bagus, bukan? Namun hati-hati, dilansir dari Medical News Today, perawatan rambut dengan sampo, pewarna rambut dan berbagai produk lain yang tidak sesuai malah akan memicu pertumbuhan uban lebih cepat. Jika kamu menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan bahan kimia hidrogen peroksida, maka bisa mengurangi produksi melanin jika digunakan secara berlebihan.

Kurang Mengonsumsi Vitamin B-12
Hati-hati kalau kamu jarang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12, karena jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia pernisiosa yang dapat menghambat produksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk sel rambut. Jika rambut kekurangan asupan oksigen, efeknya yaitu bisa melemahkan sel rambut dan mengurangi produksi melanin yang bisa jadi pemicu tumbuhnya uban. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar