Inilah Penyebab Bau Badan

Penyebab bau badan.(Foto:Halodoc)

Sukoharjonews.com – Bau badan adalah apa yang Anda cium ketika keringat Anda bersentuhan dengan bakteri di kulit Anda . Keringat sendiri tidak berbau, namun ketika bakteri di kulit bercampur dengan keringat, maka akan menimbulkan bau.


Dilansir dari cleveland clinic, Selasa (27/8/2024), bau badan bisa berbau manis, asam, tajam atau seperti bawang. Banyaknya keringat tidak serta merta memengaruhi bau badan Anda. Itu sebabnya seseorang bisa memiliki bau badan yang tidak sedap namun tidak berkeringat. Sebaliknya, seseorang bisa berkeringat berlebihan namun tidak berbau. Hal ini karena bau badan disebabkan oleh jenis bakteri di kulit Anda dan cara bakteri tersebut berinteraksi dengan keringat, bukan keringat itu sendiri.

Berkeringat adalah keluarnya cairan oleh kelenjar keringat ke permukaan kulit Anda. Ada dua jenis kelenjar keringat: ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin bertanggung jawab menghasilkan bau badan.

Kelenjar ekrin
Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat langsung ke permukaan kulit Anda. Saat keringat menguap, ini membantu mendinginkan kulit dan mengatur suhu tubuh. Itu tidak menghasilkan bau. Ketika suhu tubuh Anda meningkat karena aktivitas fisik atau kepanasan, penguapan keringat dari kulit menghasilkan efek mendinginkan. Kelenjar ekrin menutupi sebagian besar tubuh Anda, termasuk telapak tangan dan telapak kaki.


Kelenjar apokrin
Kelenjar apokrin terbuka ke dalam folikel rambut Anda. Folikel rambut adalah struktur seperti tabung yang menjaga rambut tetap berada di kulit Anda. Anda dapat menemukan kelenjar apokrin di selangkangan dan ketiak. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang berbau ketika bersentuhan dengan bakteri di kulit Anda. Kelenjar apokrin tidak mulai bekerja sampai masa pubertas, itulah sebabnya bau badan tidak tercium pada anak kecil.

Berkeringat adalah proses alami tubuh, namun karena makanan tertentu yang kita makan, praktik kebersihan, atau faktor genetik, keringat dapat menimbulkan bau tidak sedap saat bersentuhan dengan kulit. Perubahan jumlah keringat atau bau badan dapat mengindikasikan suatu kondisi medis.


Apa penyebab bau badan?
Bau badan terjadi ketika bakteri di kulit Anda bersentuhan dengan keringat. Kulit kita secara alami dipenuhi bakteri. Saat kita berkeringat, air, garam, dan lemak bercampur dengan bakteri ini dan dapat menimbulkan bau. Baunya bisa buruk, enak, atau tidak berbau sama sekali. Faktor-faktor seperti makanan yang Anda makan, hormon, atau obat-obatan dapat memengaruhi bau badan.

Suatu kondisi yang disebut hiperhidrosis membuat seseorang berkeringat berlebihan. Orang dengan kondisi ini mungkin lebih rentan terhadap bau badan karena mereka banyak berkeringat, namun seringkali kelenjar keringat ekrinlah yang paling menyebabkan ketidaknyamanan pada telapak tangan dan kaki yang berkeringat.

Setiap kali Anda berkeringat, ada kemungkinan Anda akan mengeluarkan bau badan yang tidak sedap. Beberapa orang lebih rentan terhadap bau badan yang tidak sedap dibandingkan orang lain.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi bau badan adalah:

  • Latihan.
  • Stres atau kecemasan.
  • Cuaca panas.
  • Memiliki kelebihan berat badan/obesitas.
  • Genetika.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *