Tips  

Inilah Obat Alami untuk Nyeri Haid

Obat alami atasi nyeri haid.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com -Lebih dari separuh orang yang mengalami menstruasi merasakan nyeri satu atau dua hari sebelum atau selama periode menstruasi.Pengobatan alami untuk kram menstruasi meliputi akupresur, minyak esensial, jahe, dan terapi panas.

Dilansir dari Health, Kamis (12/9/2024), perawatan hormonal seperti pengendalian kelahiran dan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti Advil (ibuprofen) dapat mengurangi kram menstruasi, tetapi pengobatan alami juga dapat membantu. Berikut tujuh hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengalami kram sebelum atau selama menstruasi.

Apa Penyebab Kram Menstruasi?
Kram menstruasi, meskipun tidak nyaman, memainkan peran penting selama menstruasi. Rahim sebagian besar terdiri dari sel-sel otot yang berkontraksi. Prostaglandin, zat kimia mirip hormon, memicu reaksi peradangan yang menyebabkan rahim berkontraksi. Kontraksi tersebut membantu mengeluarkan darah dan jaringan dari rahim dan melalui vagina, yang menyebabkan kram menstruasi.

1. Akupunktur (atau Akupresur)
Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2018 menemukan bahwa akupunktur dapat mengurangi kram menstruasi dengan aman pada orang dengan dismenore primer., atau nyeri haid tanpa penyebab yang mendasarinya.Akupunktur adalah terapi yang menggunakan jarum halus yang dimasukkan ke area tertentu pada kulit Anda untuk mengurangi rasa sakit.

2. Minyak Atsiri
Orang sering menggunakan minyak esensial , yang terbuat dari ekstrak tanaman, dalam aromaterapi. Anda dapat menghirup minyak esensial atau mengoleskannya dalam bentuk encer ke kulit Anda.Beberapa bukti menunjukkan bahwa memijat kulit dengan minyak esensial membantu mengurangi nyeri haid.

3. Olahraga
Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki nyeri panggul yang lebih sedikit, meskipun penelitiannya terbatas. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2022 meneliti efek berolahraga selama 30 menit dua hari seminggu di kalangan wanita di Jepang. Kelompok yang berolahraga memiliki skor “gangguan menstruasi” yang jauh lebih rendah daripada kelompok yang tidak berolahraga. Para peneliti menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi keparahan kram menstruasi dan mungkin merupakan strategi penanganan tanpa obat.

4. Terapi Panas
Cobalah kompres panas ke perut bagian bawah atau punggung bagian bawah untuk meringankan kram menstruasi.

5. Herbal
Herbal adalah tanaman yang memiliki rasa atau aroma terapeutik, tersedia dalam bentuk kapsul, ekstrak, bubuk, teh, dan banyak lagi.Penelitian telah menemukan bahwa beberapa herbal dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan kram menstruasi(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *