Inilah Kesalahan Umum yang Dapat Memperparah Nyeri Haid

Kesalahan yang memperparah nyeri haid. (Foto: biogesic)

Sukoharjonews.com – Periode, saat di mana kita merasa seperti sedang berperang dengan tubuh kita sendiri. Ini adalah rollercoaster emosi dan ketidaknyamanan fisik yang sebagian dari kita lebih suka lewati, tapi sayangnya, kita tidak bisa. Jadi, daripada merasa takut, mari pelajari kesalahan umum yang memperburuk keadaan dan menghindarinya seperti wabah! Saat seorang wanita menjalani siklus menstruasinya, ia mungkin mengalami berbagai masalah fisik. Meskipun pengalaman setiap wanita berbeda-beda, masalah-masalah tertentu biasa terjadi selama menstruasi yang dihadapi sebagian besar wanita. Beberapa wanita mengalami kembung, sementara yang lain menderita nyeri akibat kram. Namun, terkadang menstruasi menjadi lebih menyakitkan akibat kesalahan dan kecerobohan menstruasi tertentu yang dilakukan sebagian besar wanita.

Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (1/10/2023), berikut kesalahan umum yang dapat memperparah nyeri haid:

1. Terlalu banyak minum teh atau kopi
Mengonsumsi terlalu banyak teh atau kopi untuk meredakan kram saat menstruasi bukanlah ide yang baik. Selain meningkatkan stres, tekanan darah, dan detak jantung, terlalu banyak minum teh atau kopi bisa membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasukkan teh organik, jus sehat, dan minuman shake ke dalam rutinitas Anda. Terkadang, kafein sendiri bisa menyebabkan kram perut bagian bawah. Kafein adalah diuretik yang membuat kita dehidrasi.

2. Waxing
Reseptor nyeri meningkat selama menstruasi, dan kulit menjadi lebih sensitif. Akibatnya, sesi waxing bisa terasa menyakitkan. Saat waxing, peregangan kulit bisa menimbulkan rasa sakit. Jika beralih dari waxing ke mencukur, ada risiko luka pada kulit. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya hindari waxing selama waktu tersebut.

3. Menggunakan pad yang sama dalam waktu lama
Banyak wanita hanya menggunakan satu pembalut sepanjang hari, sehingga meningkatkan risiko sindrom syok toksik . Selain itu, rasa gatal dan bakteri bisa meningkat di vagina. Untuk mencegah masalah ini, gantilah pembalut Anda tiga kali sehari. Mengganti pembalut setiap enam jam dapat mencegah noda dan rasa tidak nyaman akibat bau tak sedap.

4. Puasa atau menahan lapar dalam waktu lama
Pada hari-hari ini, pendarahan hebat bisa membuat Anda merasa lemas. Hindari puasa, terutama pada saat ini. Tambahkan makanan super kaya nutrisi ke dalam diet Anda untuk memberi tubuh Anda nutrisi lengkap, termasuk vitamin, mineral, dan kalsium. Melewatkan waktu makan pada waktu tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh.

5. Seks tanpa kondom
Seks saat menstruasi mampu meredakan kram akibat orgasme pada tubuh. Namun, berhubungan seks saat menstruasi juga terkadang dapat meningkatkan kesulitan tertentu. Keintiman saat terjadi pendarahan dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi menular seksual karena infeksi tersebut terdapat di dalam darah. Berhubungan seks tanpa kondom bisa menimbulkan masalah bagi Anda.

6. Konsumsi produk susu secara berlebihan
Konsumsi produk susu yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air dan meningkatkan risiko masalah keasaman. Saat menstruasi, konsumsilah susu rendah lemak, yang tidak meningkatkan risiko kram. Selain itu, banyak wanita yang mengeluh sembelit.

Ingat, merawat tubuh Anda selama ini sangatlah penting. Jadi, berhentilah minum kopi, ambil camilan sehat, dan hindari waxing.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar