Inilah Kebiasaan Simpel yang Justru Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan simpel yang justru bisa membantu menurunkan berat badan. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Masalah berat badan berlebih memang kerap menghantui. Bukan semata perkara penampilan agar tampak ideal, melainkan juga dari aspek kesehatan. Di antara banyaknya cara yang tersedia, mengurangi porsi makan adalah salah satu cara yang selama ini diterapkan.


Dilansir dari EatingWell, Jum’at (10/3/2023), jika dikulik lebih mendalam, ada banyak cara yang bisa diusahakan. Termasuk dari aspek kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan simpel berikut bisa di terapkan untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Batasi Kafein Setelah Makan Siang
Salah satu di antara pencinta kopi? Memang tidak ada salahnya menyukai minuman dengan aroma autentik satu ini. Namun yang tidak bisa dilupakan adalah adanya kandungan kafein di dalam kopi. Menyeruput kopi di pagi hari mungkin bisa memberikan efek positif untuk menjalani hari seharian penuh.

Meski demikian, meminum kopi setelah makan siang patut dipertimbangkan. Pasalnya, kafein bisa tetap ada di dalam tubuh selama 6 hingga 9 jam. Untuk yang sensitif terhadap kafein, ini bisa menjadi bumerang karena potensial menyulitkan tidur. Jika tidur terganggu, ini dapat menggangu metabolisme yang pada akhirnya berdampak pada kenaikan berat badan.


2. Hidrasi Tubuh Mengawali Hari
Memenuhi asupan cairan atau yang disebut menghidrasi sangat penting dilakukan bagi tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan meminum air putih yang cukup. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memperlancar metabolisme. Metabolisme yang lancar dapat membantu upaya penurunan berat badan.

Selain itu, berdasarkan studi pada 2018, menemukan bahwa mereka yang mengalami durasi tidur kurang, lebih mungkin disebabkan oleh hidrasi yang kurang pula. Ini berarti pula bahwa menghidrasi tubuh dengan baik bisa menjadi salah satu kunci mendapatkan durasi tidur lebih baik. Waktu tidur yang cukup inilah bisa membantu dalam upaya penurunan berat badan.


3. Bergerak
Seberapa banyak kamu bergerak, Aktif secara fisik bisa menjadi salah satu metode untuk membantu menurunkan berat badan. Selain membakar kalori, aktif bergerak dan berolahraga akan membantu mendapatkan tidur lebih berkualitas.

Tidur yang lebih berkualitas ini potensial dalam membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana diketahui, ada saat-saat tertentu dalam fase tidur di mana tubuh akan membuang racun. Selain itu, metabolisme tubuh pun akan lebih baik dengan tidur yang cukup dan berkualitas.


4. Makan Makanan Tinggi Serat
Apakah kamu salah satu orang yang memprioritaskan makanan tinggi serat dalam aktivitas konsumsi sehari-hari? Jika ya, maka itu sangat baik. Apalagi bagi yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Pasalnya, memakan makanan tinggi serat dan kurang diproses adalah salah satu kunci menurunkan berat badan, bahkan mencegah sebagai besar penyakit kronis. Tidak sampai di situ saja, ia juga dapat membantu Beauties mendapatkan tidur lebih berkualitas.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *