Inilah 5 Cara Memasukkan Biji Pepaya ke Dalam Diet Anda

Manfaat biji pepaya.(Foto: tinemu)

Sukoharjonews.com – Biji pepaya mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid, memasukkan keduanya ke dalam makanan Anda dapat membantu melawan flu dan infeksi. Biji ini kaya akan serat, jadi jika Anda menderita sembelit , biji ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga berat badan Anda tetap terkendali. Selain itu, biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, terutama asam oleat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Dikutip dari NDTV Food, pada Jumat (21/6/2024), berikut cara memanfaatkan biji pepaya:

1. Smoothie Biji Pepaya
Jika Anda penggemar smoothies, maka biji pepaya dapat meningkatkan profil nutrisinya. Anda bisa menambahkan biji pepaya segar atau kering ke dalam minuman Anda. Rasa pedas dari biji ini cocok dipadukan dengan buah-buahan manis seperti mangga, pisang, dan beri . Blender hingga halus untuk dijadikan sarapan atau camilan bergizi yang mendukung pencernaan dan memberi Anda banyak antioksidan.

2. Topping Yogurt Biji Pepaya
Menambahkan biji pepaya ke dalam yoghurt Anda bisa menjadi cara yang bagus dan efektif untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda. Rasa bijinya yang renyah dan pedas berpadu serasi dengan yoghurt yang lembut dan tajam. Yang harus Anda lakukan hanyalah menaburkan satu sendok makan biji pepaya yang sudah dihancurkan di atas semangkuk yoghurt, tambahkan sedikit madu dan tambahkan buah-buahan segar seperti anggur, mangga, beri, dan pisang. Nikmati hidangan lezat dan bergizi ini sebagai camilan atau sarapan.

3. Pengganti Lada Biji Pepaya
Biji pepaya mempunyai rasa yang pedas. Biji pepaya bisa dikeringkan dan digiling untuk digunakan sebagai pengganti lada hitam. Sebarkan benih di atas loyang dan keringkan dalam oven dengan suhu rendah sampai kelembapannya benar-benar hilang. Giling mereka menggunakan penggiling atau lesung dan alu. Anda bisa menggunakan bubuk ini sebagai pengganti lada hitam dalam resep Anda.

4. Salad Biji Pepaya
Lengkapi salad biasa Anda dengan saus salad biji pepaya buatan sendiri. Rasa pedas dari bijinya dapat menambahkan sentuhan unik pada sayuran Anda. Untuk membuat saus biji pepaya, campurkan satu sendok makan biji pepaya dengan minyak zaitun, cuka sari apel, madu, dan sedikit garam. Taburkan di atas salad favorit Anda untuk menambah rasa dan manfaat kesehatan tambahan.

5. Minuman Detoks Biji Pepaya
Daripada membuang biji pepaya, buatlah sendiri minuman detoksifikasi nikmat yang dapat membantu hati dan ginjal Anda. Ambil satu sendok makan biji pepaya dengan segelas air, sejumput jus lemon, dan satu sendok teh madu. Minum ramuan ini sekali sehari untuk mendetoksifikasi tubuh Anda secara alami.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar