Inilah 3 Jenis Vaksin Covid-19 yang Tersedia di Indonesia

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Adanya beberapa jenis vaksin yang sudah melalui tahap uji klinis membuat indonesia ingin segera mendistribusikan dan menyebarkannya kepada masyarakat. Saat ini, sedang dipersiapkan proses simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 yang akan diadakan di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Simulasi ini tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.



Kini ada 3 jenis vaksin yang akan tersedia di Indonesia yaitu adalah, Cansino dan Sinovac dari Tiongkok, dan juga Sinopharm/G42 yang merupakan hasil kolaborasi Tiongkok-Uni Emirat Arab. Vaksin covid 19 yang akan tersedia di Indonesia rencananya akan mulai masuk bulan November 2020. Berikut ini adalah 3 jenis vaksin covid 19 yang akan masuk Indonesia:

1. Sinovac Biotech Ltd
Vaksin CoronaVac buatan Sinovac ini berjenis inactivated. Inactivated vaccine adalah metode dalam menciptakan vaksin yang menggunakan versi lemah atau inaktivasi dari virus untuk memancing respons imun.

Vaksin jenis ini memerlukan beberapa dosis dan periode waktu, atau bertahap untuk memperoleh imunitas berkelanjutan terhadap penyakit. Vaksin inactivated telah digunakan untuk beberapa penyakit, yaitu penyakit Hepatitis A, Flu, Polio, dan Rabies.

Vaksin inactivated ini adalah metode cara lama dan klasik, pendekatan ini memfungsikan seluruh virus yang tidak aktif untuk mendorong tubuh mengembangkan kekebalan. Sinovac memiliki strategi yang berbeda dengan berbagai pengembangan vaksin Covid-19 lainnya, yaitu yang melibatkan penggunaan DNA atau RNA.

Teknologi yang lebih baru ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk diproduksi karena virus hidup harus dibudidayakan dan kemudian dinonaktifkan. Virus ini tumbuh dalam kondisi yang dipantau dan kemudian dimatikan secara kimiawi, sehingga tidak dapat berkembang biak hingga menyebabkan penyakit saat disuntikkan ke dalam tubuh.

Biofarma bekerja sama dengan Sinovac, agar Biofarma dapat memproduksi secara massal vaksin yang bernama CoronaVac. Uji klinis fase III sedang dilakukan di Indonesia yang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran untuk menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19.

2. China National Biotec Group (Sinopharm)
Sama dengan Sinovac, vaksin Sinopharm ini juga vaksin inactivated virus. Vaksin ini ditemukan dan diteliti oleh Perusahaan China National Biotech Group (CNBG) Sinopharm. Tahap Uji klinis fase III diuji coba di Uni Emirat Arab (UEA), Maroko, Peru dan Argentina. Uji klinis ini dicoba kepada lima ribu orang. Sinopharm memilih UEA untuk uji klinis fase III, dikarenakan disana terdiri dari 85 kebangsaan. Yang diharapkan dapat mewakili berbagai etnis bangsa di dunia.

Menurut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi vaksin ini akan tersedia sebanyak 10 juta dosis di Indonesia pada 2020. Ketersediaan vaksin ini melalui kesepakatan dengan G42. G42 ialah perusahaan teknologi kesehatan yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pemerintah China pada Juli lalu juga telah memberikan vaksin Sinopharm dalam tahap eksperimen kepada para petugas kesehatan dan inspektur perbatasan.

3. CanSino
Vaksin terakhir yang kemungkinan bisa masuk di Indonesia adalah buatan CanSino. Perusahaan daru di China ini adalah perusahaan pertama yang menerima paten teknologi pembuatan vaksin Covid-19. Vaksin ini merupakan jenis Viral Vector yang sudah dilemahkan dengan nama AD5.Vaksin ini mengfungsikan virus untuk mengirimkan gen virus Covid-19 ke dalam sel.

Sama seperti Sinopharm, CanSino telah melalui uji klinis fase III pada Agustus 2020. CanSino saat ini sedang bekerjasama dengan negara lain untuk uji coba lebih lanjut, termasuk di Indonesia. Vaksin CanSino ini juga telah diizinkan untuk penggunaan vaksin eksperimental seperti Sinopharm. Pada Juni yang lalu, pemerintah China menyetujui uji coba calon vaksin yang berbeda untuk tentara. Vaksin ini diteliti oleh Institut Bioteknologi Beijing,yang merupakan bagian dari Akademi Ilmu Kedokteran Militer pemerintah China.

Demikianlah ketiga vaksin yang akan masuk ke Indonesia. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa ada keunggulan dan metode yang berbeda dari tiap vaksin. Untuk informasi seputar kesehatan dan perkembangan penanganan pandemi Corona yang ada di Indonesia, bisa Anda simak dengan lengkap di aplikasi Halodoc. Tidak hanya itu, melalui aplikasi Halodoc Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk menjawab keluhan kesehatan Anda. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed