Ini yang Terjadi Ketika Debat Pilkada Sukoharjo Hanya Diikuti Satu Paslon

Debat terbuka Pilkada Sukoharjo berformat penajaman visi misi karena hanya diikuti satu paslon, Rabu (16/10/2024) malam.

Sukoharjonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar debat terbuka putaran pertama di Hotel Brothers, Rabu (16/10/2024) malam. Menariknya, karena Pilkada di Sukoharjo hanya diikuti pasangan calon (paslon) tunggal, acaranya diformat bukan debat, tapi penajaman visi misi paslon.

Seperti diketahui, Pilkada Sukoharjo 2024 hanya diikuti satu paslon, yakni Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo yang memiliki nomor urut 1. Acara tersebut juga dihadiri Plt Bupati Sukoharjo, Agus Santosa.

Dalam “debat” tersebut, paslon Etik-Sapto mengusung visi dan misi program unggulan yaitu “Sukoharjo Lebih Maju, Adil dan Bermartabat”. Acara tersebut dipandu oleh moderator, Arief Suharman yang memberikan kesempatan 5 menit untuk pasangan Etik-Sapto untuk memaparkan visi dan misinya.

“Lebih maju, lebih berkualitas sumber daya manusia atau masyarakatnya dan lebih maju daerahnya. Lebih adil dalam melaksanakan pembangunannya, tidak ada lagi ketimpangan pembangunan antara wilayah dan sektoral yang lebih adil dalam pemanfaatan hasil-hasil pembangunannya. Lebih bermartabat masyarakat Sukoharjo lebih berkarakter dan punya identitas diri yang kuat serta religius,” papar Etik.

Untuk mewujudkan visi yang ada misi pembangunan tersebut, Etik mengaku ada 5 hal yang harus dilaksanakan jika terpilih menjadi Bupati Sukoharjo 2024-2029.

Masing-masing, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang adaptif dan amanah serta layanan publik yang berkualitas, untuk arah kebijakan menetapkan tata kelola pemerintahan yang tangkas dan dinamis melalui transportasi digital untuk mewujudkan berokasi yang produktif, transparan dan berkualitas. Adapun program unggulannya adalah pelayanan publik dan program kampung pintar.

“Kemudian untuk misi ke dua meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, berkepribadian, produktif dan responsif gender, arah kebijakan membangun SDM unggul serta jasmani dan rohani, produktif dan berkarakter melalui peningkatan akses serta kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya,” ujarnya.

Untuk program unggulannya dikatakan Etik yakni beasiswa kuliah gratis, beasiswa Sukoharjo pintar, sekolah terpadu, santunan kematian, kemudian pencegahan dan penanganan stunting, Sukoharjo juara.

Untuk misi ketiga, lanjutnya, mewujudkan pertumbuhan ekonomis daerah dan pendapatan masyarakat inklusif. Untuk program unggulannya adalah smart framing, UMKM naik kelas, revitalisasi irigasi dan infrastruktur pertanian.

Kemudian misi ke empat mewujudkan pembangunan infrastruktur yang tangguh dan berwawasan lingkungan. “Untuk program unggulan kami, satu infrastruktur jalan mulus, penataan wajah kota, Sukoharjo Kuncoro bangun deso noto kuto, penataan kawasan lingkungan kumuh, terangi jalanku, kemudian penyediaan rumah layak huni,” jelas Etik.

Untuk misi ke lima yakni meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan agama. Arah kebijakan mewujudkan masyarakat berkarakter yang berpegang teguh nilai-nilai keagamaan menjaga keluhuran adat istiadat serta menguatkan gotong royong dan kerukunan dalam harmoni kebhinekaan

“Adapun program unggulan kami umroh gratis untuk takmir masjid, Sukoharjo mengaji, pemberdayaan ekonomi, pondok pesantren dan peningkatan bantuan sarana dan prasarana keagamaan,” tambah Etik. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar