Ini dia Jenis Hormon Kebahagiaan dan Cara Mendapatkannya

2 Jenis hormon kebahagiaan. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com -Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar yang ada di tubuh manusia. Setelah diproduksi, hormon-hormon tersebut akan berjalan melalui aliran darah dan bekerja untuk melancarkan proses tubuh sesuai dengan fungsinya. Salah satu fungsi hormon adalah membantu mengatur suasana hati manusia, seperti meningkatkan perasaan positif, yaitu kebahagiaan.

Dilansir dari Healthline, Selasa (1/8/2023), dalam hormon kebahagiaan, ada 2 jenis hormon utama yang berhubungan dengan kebahagiaan manusia, yakni meliputi dopamin, endorfin. Kedua hormon tersebut dapat meningkat apabila kamu mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.

kira-kira bagaimana cara mendapatkan 2 hormon kebahagiaan tersebut? Berikut 2 jenis hormon kebahagiaan dan cara mendapatkannya, simak berikut ini.

Hormon Dopamin
Hormon dopamin atau neurotransmitter adalah hormon “Perasaan baik”, yang mana hormon ini diproduksi oleh otak dan tubuh manusia untuk memberikan perasaan senang. Biasanya, ini melibatkan ingatan, perhatian, dan mengendalikan gerakan fisik. Apabila kamu ingin meningkatkan hormon ini agar bisa lebih bahagia maka ada beberapa cara untuk mendapatkannya.

Melansir dari Baptist Health, setidaknya ada enam cara untuk mendapatkan hormon dopamin. Berikut enam caranya:

1. Olahraga teratur.
Aktivitas fisik diketahui dapat meningkatkan suasana hati. Meskipun peningkatan itu tidak sepenuhnya disebabkan oleh dopamin, namun menurut penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar dopamin di otak.

2. Makan protein dan kurangi lemak jenuh.
Protein terdiri dari asam amino, salah satunya disebut tirosin. Mengonsumsi makanan protein tirosin dapat membantu tubuh dalam memproduksi dopamin. Sebaliknya, apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, seperti susu penuh lemak, mentega, lemak hewani, minyak sawit, hingga minyak kelapa maka hal itu dapat mengganggu produksi dopamin.

3. Tidur cukup.
Studi telah menemukan bahwa kurang tidur dapat mengganggu siklus normalpelepasandopamin di pagi hari. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan tidur yang cukup agarkadardopamin bisa meningkat.

4. Meditasi.
Meditasi dikaitkan dengan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Hal ini berhubungan dengan peningkatan produksi dopamin. Kamu bisa bermeditasi sambil duduk, berdiri, atau bahkan berjalan.

5. Dapatkan sinar matahari yang cukup.
Menurut penelitian, paparan sinar matahari dapat meningkatkan kepadatan reseptor dopamin di area otak tertentu. Meskipun demikian, kamu tetap perlu mengikuti pedoman keselamatan tentang paparan sinar matahari karena hal ini terkait dengan peningkatan risiko kondisi seperti kanker kulit.

6. Mendengarkan musik.
Musik merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kesenangan di area otak. Sebab, alunan musik dapat menciptakan respons emosional, seperti memicu perasaan merinding yang dapat meningkatkan kadar dopamin.

Hormon Endorfin
Hormon endorfin dikenal sebagai hormon “pereda nyeri alami tubuh”. Hal ini karena hormon endorfin diproduksi tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan.

Melansir dari Cleveland Clinic, endorfin berasal dari kata “Endogenous” yang artinya di dalam tubuh, dan “morphine” yaitu obat pereda nyeri. Jika digabungkan, keduanya memiliki arti endorfin yang berarti pereda nyeri alami.

Sementara itu, sebagaimana yang dilansir dari Healthline, setidaknya ada lima cara untuk bisa mendapatkan hormon endorfin. Berikut kelima caranya:

1. Akupuntur.
Akupuntur merupakan jenis pengobatan China yang menggunakan jarum tipis untuk merangsang titik tekan. Menurut penelitian endorfin akan didapat saat jarum dimasukkan ke dalam tubuh. Bagi kamu yang ingin mencoba akupuntur, tidak perlu khawatir. Sebab, pengobatan ini aman dilakukan karena selain bisa mengobati penyakit, juga bisa memberikan perasaan positif

2. Makan cokelat.
Makan cokelat dapat menghasilkan endorfin, yang mana hal ini bisa meningkatkan perasaan bahagia. Oleh karena itu, apabila saat ini kamu sedang merasa sedih atau stres, bisa mencoba untuk memakan cokelat agar perasaanmu bisa kembali merasa baik.

3. Tertawa.
tahukah kamu bahwa tertawa bisa membantumu dalam mendapatkan hormon endorfin? Hal ini karena tertawa membantu mengangkat suasana hati yang buruk dan meredakan perasaan cemas serta stres. Selain itu, dalam sebuah studi kecil tahun 2017, ditemukan bukti yang menyarankan menonton setengah jam komedi dengan sekelompok teman bisa meningkatkan kadar endorfin.

4. Mendengarkan musik.
Kamu pasti pernah merasakan euforia saat mendengarkan musik bukan? Perasaan itu terjadi bisa karena tubuh melepaskan endorfin. Dengan mendengarkan musik, kamu dapat meningkatkan perasaan yang baik dan suasana hati yang lebih baik.

5. Menonton.
Kegiatan menonton film atau drama juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hormon endorfin. Ketika kamu menonton sesuatu, misalnya film yang sedih maka secara tidak langsung kamu akan ikut merasakan kesedihan juga. Perasaan sedih tersebut akan membuat otak bereaksi dengan melepaskan endorfin.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar