Simak Ini Diet Sehat ala Nabi Muhammad SAW yang Bisa Kamu Tiru

Tips diet anjuran nabi. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com -Saat ini sudah banyak masyarakat yang menyadari akan pentingnya menjaga pola hidup sehat, salah satunya lewat upaya diet. Padahal, jauh sebelum orang-orang masa kini menerapkan macam-macam metode diet, sejak zaman dulu Nabi Muhammad SAW selalu mencontohkan kebiasaan hidup sehat yang baik dalam kehidupan sehari-hari.


Dilansir dari Healthline, Jum’at (5/5/2023), Rasulullah mengajarkan umatnya untuk mengatur pola makan dari segi porsi dan jenisnya. Sebab, makanan merupakan salah satu penyebab utama penyakit. Lalu, sebagai seorang muslim, kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengonsumsi makanan yang halal dan baik.

1. Minum Air Madu di Pagi Hari
Setiap pagi, setelah bangun tidur, Rasulullah rutin meminum secangkir air hangat dengan madu sebelum salat dan sarapan. Manfaat madu sendiri telah disebutkan dalam surah An-Nahl ayat 69 sebagai obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Mengutip Healthline, madu mengandung kaya antioksidan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, dan memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh sebagai pemanis ketimbang gula biasa.


2. Makan Makanan Utuh
Nasihat gizi nabi selanjutnya adalah kita harus makan makanan utuh. Makanan utuh hanyalah makanan yang mempertahankan konstituen aslinya. Makanan utuh seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan mengandung semua nutrisi yang kita butuhkan sebagai manusia.

Selain itu, sejumlah contoh dalam hadis riwayat Bukhari menunjukkan betapa hati-hatinya nabi dalam memadukan makanan. Beliau dikatakan tidak pernah menggabungkan ikan dan susu.

Dikutip dari IslamOnline, kebiasaan ini didukung oleh ilmu pengetahuan terkini yang mengatakan bahwa kombinasi makanan yang benar sangat berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi yang tepat.


3. Cara Makan yang Sehat ala Nabi
Di samping jenis makanan, nabi juga mengajarkan umatnya perihal cara makan yang baik dan sehat.

Pertama, Islam menganjurkan kita untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Rasulullah sendiri menerapkan konsep makan untuk membagi perut menjadi tiga bagian, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk cairan, dan sepertiga untuk bernapas.

Mengutip detikFood, Rasulullah memilih untuk menyuap makanan dengan tangan langsung. Bila dilihat dari segi ilmiah, hal ini dinilai lebih sehat karena di tangan terdapat enzim RNase yang bisa menekan aktivitas bakteri patogen dalam tubuh.

Kedua, nabi membiasakan diri untuk tidak minum sambil makan. Mengutip laman IslamOnline, para ahli menyebutkan bahwa air menghambat proses pencernaan di perut ketika diminum dalam waktu setengah jam setelah makan.


4. Minum Cukup Air Putih
Air putih dikatakan Nabi Muhammad SAW sebagai minuman terbaik di dunia. Kebiasaan sehat nabi adalah minum dalam 3 teguk dan bernapas di antara setiap tegukan. Nabi menganjurkan untuk minum dengan cara menyesap, bukan menenggak banyak-banyak, karena itu tidak bagus untuk kesehatan liver.

5. Berpuasa
Tak hanya di bulan Ramadan, Rasulullah juga rutin berpuasa sunah di tanggal-tanggal tertentu. Berpuasa, di samping mendapatkan pahala, juga membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan termasuk ke dalam kiat diet sehat.

Ini sebagaimana yang tertulis dalam hadis riwayat Bukhari, “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.” (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *