Ini Beberapa Makanan yang Bisa Jadi Alternatif Pengganti Nasi

Makanan pengganti nasi.(Foto:Parade)

Sukoharjonews.com – Murah, mengenyangkan, dan sangat nikmat bila dicampur dengan sesuatu yang beraroma, tak heran mengapa nasi menjadi makanan pokok. Tapi nasi ini penuh dengan karbohidrat, tinggi kalori, dan bisa membuat Anda merasa kembung jika makan terlalu banyak, jadi nasi mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Dilansir dari Holland and Barrett, Minggu, (30/6/2024), ada beberapa alternatif nasi yang paling sehat dan terlezat, sehingga Anda dapat menukarnya dengan mudah.

Apa itu nasi?
Sebagian besar dari kita pernah makan nasi, tapi apa sebenarnya nasi itu? Beras adalah biji-bijian sereal yang dapat dimakan yang dihasilkan oleh tanaman rumput Poaceae. Sekitar separuh penduduk dunia bergantung pada nasi sebagai makanan pokok dalam pola makan mereka.

Lalu makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi? Dari nasi sayur hingga jenis biji-bijian lainnya, untungnya ada berbagai alternatif nasi sehat yang bisa Anda coba. Cobalah menukarnya dengan beberapa pengganti sederhana berikut:

kembang kol yang dibumbui
Alternatif nasi rendah karbohidrat yang bagus adalah kembang kol yang dibumbui . Ini adalah alternatif yang bagus untuk nasi karena memiliki konsistensi dan tekstur yang sangat mirip, tetapi dengan sedikit kalori dan karbohidrat.

Ambil ½ cangkir kembang kol yang sudah dibumbui dan Anda akan menemukannya hanya memiliki 13 kalori, sedangkan porsi nasi putih yang sama memiliki 100 kalori.

Brokoli yang sudah diiris
Mirip dengan kembang kol yang dibumbui, brokoli yang dibumbui adalah alternatif yang bagus untuk nasi putih.

Selain memiliki jumlah kalori yang sama dengan kembang kol yang diiris (57 gram per ½ cangkir), brokoli yang diiris juga merupakan sumber vitamin C yang baik, menyediakan lebih dari seperempat nilai harian Anda

Jelai
Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang bersahaja, jelai adalah alternatif nasi yang lezat dan sehat. Kalorinya hampir sama dengan nasi putih, tetapi mengandung lebih banyak protein dan serat. Ini juga mengandung berbagai nutrisi, termasuk seng dan selenium.

Kubis cincang
Kandungan karbohidrat yang rendah dan rasa kubis cincang yang lembut menjadikannya alternatif yang bagus untuk nasi. Ini adalah sumber vitamin C dan K yang baik (yang membantu mengatur pembekuan dan sirkulasi darah, serta berkontribusi terhadap kesehatan tulang).

Biji gandum
Quinoa adalah pengganti nasi populer yang memiliki rasa seperti butiran. Ini bebas gluten dan memiliki kandungan protein tinggi – hanya ½ cangkir quinoa mengandung empat gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar