Ragam  

Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Lupa Makan Sebelum Olahraga

Wajib makan sebulum olahraga.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Bukan rahasia lagi bahwa olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan , dan dokter serta pakar kebugaran menyarankan orang dewasa untuk melakukan beberapa bentuk aktivitas fisik aerobik setiap minggu. Namun, mungkin tidak jelas bagaimana cara memadukan makanan dan diet dengan rutinitas olahraga Anda.

Dilansir dari real simple simple, Kamis (12/9/2024), Glukosa merupakan hal terpenting dalam meningkatkan energi Anda sebelum berolahraga, kata ahli diet terdaftar Brenna Larson. “Mengonsumsi makanan ringan atau camilan sebelum berolahraga akan menyediakan glukosa bagi tubuh, yang merupakan sumber utama bahan bakar bagi otot selama berolahraga,” jelasnya. “Hal ini membantu meningkatkan energi dan daya tahan selama berolahraga, terutama untuk aktivitas dengan intensitas sedang hingga tinggi.”

Jika Anda merasa lesu selama latihan , ini bisa jadi pertanda jelas bahwa Anda tidak mengisi bahan bakar dengan benar sebelum latihan. “Makan sebelum latihan mencegah rasa lapar dan lelah yang dapat mengganggu Anda selama latihan,” kata Larson. Ia juga menyebutkan bahwa makan sebelum latihan berarti kadar gula darah Anda akan tetap stabil, memastikan tubuh Anda tidak akan mengalami penurunan energi selama latihan. Hal ini terutama penting untuk latihan pagi, saat cadangan energi tubuh Anda terkuras setelah berpuasa semalaman.

Bagaimana Makan Mempengaruhi Latihan Anda?
Namun, mengisi bahan bakar tubuh sebelum berolahraga tidak hanya meningkatkan energi Anda. Menurut ahli diet terdaftar Shelby Love, hal itu juga mempersiapkan tubuh Anda untuk pemulihan yang lebih cepat. Mengonsumsi camilan atau makanan tepat waktu sebelum berolahraga sebenarnya dapat mengubah permainan dalam hal olahraga ketahanan, latihan intensitas tinggi, atau angkat beban. “Nutrisi yang tepat waktu tidak hanya mengurangi kerusakan protein otot selama latihan tetapi juga memfasilitasi pemulihan yang lebih efisien, mendorong peningkatan pertumbuhan dan perbaikan otot pasca-olahraga,” jelas Love. “Memberikan bahan bakar sebelum berolahraga melindungi otot dari keausan berlebihan dan membantu pemulihan yang lebih cepat, yang penting untuk kesehatan dan fungsi otot jangka panjang.”

Kapan Anda Harus Makan?
Waktu penting untuk mendapatkan bahan bakar sebelum latihan. Love menyarankan untuk makan makanan lengkap sekitar 2 hingga 3 jam sebelum latihan, agar tubuh punya cukup waktu untuk mencerna, memecah nutrisi, dan mengubahnya menjadi bahan bakar. Jika Anda butuh dorongan lebih cepat, makan camilan kecil yang kaya karbohidrat sekitar 30 hingga 60 menit sebelum latihan akan memberi Anda cukup energi untuk mengisi bahan bakar latihan. Kuncinya, katanya, adalah mendengarkan tubuh Anda dan menyesuaikan waktu makan dan camilan berdasarkan perasaan Anda selama latihan.

Apa yang Harus Anda Makan?
Makanan sebelum latihan harus mengandung campuran karbohidrat dan protein, serta mudah dicerna tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman di saluran pencernaan . Larson menjelaskan bahwa karbohidrat membantu tubuh kita menjaga kadar gula darah, sedangkan protein adalah nutrisi yang membantu mencegah kerusakan otot selama latihan. Asam amino yang ada dalam protein dapat membantu perbaikan dan pemulihan otot, yang juga mengurangi nyeri otot dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Pisang atau Apel dengan Selai Kacang
Kombinasi ini menawarkan karbohidrat yang cepat dicerna dari buah dan sedikit protein dan lemak sehat dari selai kacang.

Yogurt Yunani dengan sedikit madu
Yogurt menyediakan sumber protein dan karbohidrat yang baik, sementara madu menambahkan tambahan energi dengan cepat.

Campuran Buah Kering dan Kacang
Ini adalah campuran seimbang karbohidrat cepat dari buah kering dan lemak serta protein dari kacang-kacangan.

Oatmeal dengan irisan pisang dan sedikit kayu manis
Ideal untuk energi yang bertahan lebih lama, oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan. Menambahkan pisang akan memberikan glukosa secara langsung, dan kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *