Ingin Tetap Awet Muda? Hindari Kesalahan Ini

Kebiasaan yang bikin cepat tua.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Pada dasarnya, penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Ini karena seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Dilansir dari WebMD, Minggu (21/4/2024), meski demikian, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi yang membuat penuaan lebih cepat.

Anda seorang Perokok
Jika Anda menggunakan tembakau, selain meningkatkan peluang terkena kanker, Anda juga bisa mengalami kulit keriput dan kendur di usia lebih muda. Merokok mengurangi aliran darah yang membawa nutrisi penting seperti oksigen ke permukaan kulit dan dapat memperlambat produksi kolagen tubuh. Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara menghentikan kebiasaan tersebut.

Anda Terlalu Banyak Berada di Bawah Sinar Matahari
Sedikit sinar matahari memang baik untuk Anda, tetapi terkena terlalu banyak sinar UV akan merusak kolagen di kulit Anda dan dapat menyebabkan tubuh Anda membuat terlalu banyak protein yang disebut elastin. Anda mungkin memperhatikan kulit Anda mulai menebal dan terasa kasar dengan kerutan yang dalam dan warna yang bervariasi (bintik-bintik penuaan). Jika harus terkena sinar matahari langsung, tutupi dengan topi, baju lengan panjang, dan kacamata hitam. Gunakan tabir surya “spektrum luas” yang memiliki peringkat SPF 30 atau lebih tinggi.

Anda Tidak Memiliki Jejaring Sosial
Tetap terhubung dengan teman dan keluarga dapat membantu Anda tetap berjiwa muda — dan juga meningkatkan kesehatan emosional dan fisik Anda. Ini membantu mencegah kecemasan, depresi, dan demensia yang terkait dengan usia tua, termasuk penyakit Alzheimer. Dan ketika Anda mencari komunitas, ingatlah, yang penting adalah kualitas hubungan sosial Anda, bukan kuantitasnya.

Anda Tidak Melembabkan Kulit Anda
Jika kulit Anda mengering, Anda akan terlihat kasar dan bersisik seperti orang tua. Cuci kulit Anda sekali atau dua kali sehari. Cobalah untuk melakukannya dengan lembut karena menggosoknya dengan keras dapat menyebabkan iritasi. Gunakan pembersih ringan tanpa alkohol atau bahan lain yang dapat membuat kulit meradang, membuat kulit menjadi kasar, atau kering. Melembabkan dengan krim dua kali sehari untuk membantu menjaga kelembapan sehingga membuat Anda terlihat awet muda.

Anda Tidak Makan Sehat
Makanan yang tepat membantu mencegah penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lain yang menguras energi awet muda Anda. Pertimbangkan diet Mediterania yang menyehatkan jantung. Ini juga baik untuk otak Anda. Anda mungkin harus mengurangi sedikit daging merah berlemak, namun Anda akan mendapatkan lemak sehat dari makanan seperti ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat, serta banyak biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Anda Tidak Cukup Berolahraga
Aktivitas fisik yang teratur adalah cara utama untuk menjaga diri Anda tetap awet muda. Ini memperkuat otot Anda, meningkatkan energi Anda, dan meningkatkan suasana hati Anda. Bergerak membuat otak Anda tetap tajam dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung. Anda tidak perlu pergi ke gym atau bergabung dengan tim rugby. Berjalan cepat, bekerja di halaman, atau bahkan menari tidak masalah 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu sudah cukup.

Anda Banyak Menyipitkan Mata
Saat Anda menyipitkan mata, kulit wajah Anda berkerut, yang seiring waktu dapat menyebabkan garis dan kerutan. Sebenarnya, ekspresi apa pun yang Anda buat berulang kali bisa menjadi masalah. Jika Anda sering berada di luar ruangan, kacamata hitam dapat mencegah Anda menyipitkan mata dan membantu mencegah “crow’s feet” yang dapat berkembang di sudut luar mata Anda. Topi bertepi besar juga tidak ada salahnya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar