Ingin Terhindar dari Ghibah? Sering Baca Doa Ini

Bahaya duduk terlalu lama.(Foto: voi)

Sukoharjonews.com – Ghibah atau menggunjing adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada saudaranya ketika ia tidak hadir dengan sesuatu yang benar tetapi tidak disukainya, seperti menggambarkannya dengan apa yang dianggap sebagai kekurangan menurut umum untuk meremehkan dan menjelekkan. Orang suka gibah tidak akan merasa bersalah atas tindakan kurang menyenangkan yang dilakukannya ke orang lain. Dia orang yang bermasalah dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri. Orang yang paling bermasalah yakni orang yang suka mencari kesalahan orang lain.

Dikutip dari Bincang Syariah, pada Sabtu (27/4/2024), Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk selalu membaca doa sebelum duduk bersama orang lain. Hal ini bukan hanya untuk mengawali percakapan, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa, seperti dijelaskan dalam sebuah hadits.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Lubabul Hadis, di mana Rasulullah SAW bersabda: “Ketika kalian duduk dalam satu majelis, maka ucapkanlah bismillahirrahmaanirrahiim washallallahu alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aalihi washahbihi wasallam.”

Beliau kemudian menjelaskan bahwa orang yang melakukan hal ini akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Allah akan mengutus malaikat untuk menjaga mereka dari orang-orang yang ingin menggunjingnya, sehingga mereka tidak akan bisa melakukannya.

Simak hadits Nabi berikut terkait doa agar terhindar dari ghibah:

وقال صلى الله عليه وسلم: إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذٰلكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian duduk dalam satu majelis, maka ucapkanlah;

“bismillahirrahmaanirrahiim washallallahu alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aalihi washahbihi wasallam”

Artinya; Barang siapa melakukannya maka Allah akan mengutus Malaikat yang menjaganya dari orang-orang yang menggunjingnya hingga mereka tidak bisa melakukannya. (Lubabul hadis).

Oleh karena itu, jadikanlah kebiasaan untuk selalu membaca doa sebelum duduk bersama orang lain, sebagai bentuk ikhtiar dan usaha untuk mendapatkan kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar