Ingin Penuhi Kalsium Tapi Anda Vegetarian? Coba Ganti Penuhi Kalsium dengan Sayuran Ini!

Sayuran mengandung kalsium. (Foto: cantika)

Sukoharjonews.com – Kalsium merupakan salah satu mineral terbanyak yang ada di dalam tubuh anda dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Secara umum kalsium merupakan satu dari banyak komposisi yang berguna dalam pembentukan serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu kalsium pun memiliki peran dalam pemeliharaan fungsi otot, kesehatan jantung dan sinyal saraf anda. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk mendapatkan asupan kalsium setiap hari dengan cukup.

Salah satu dari makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi adalah keju atau ikan sarden. Tapi bagaimana jika anda sedang diet ataupun merupakan seseorang yang vegetarian?. Tentunya hal tersebut mengharuskan anda menjadi hanya bisa mengkonsumsi sayur – mayur ataupun makanan vegetarian lainnya dalam keseharian anda. Tenang saja, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja sayuran yang mengandung kalsium tinggi untuk sumber kalsium anda yang bisa dikonsumsi.

Dikutip dari Parenting, pada Rabu (13/3/2024), inilah sayur yang mengandung kalsium:

1. Sawi Hijau
Dalam satu cangkir sayuran sawi hijau yang matang mengandung 268 miligram kalsium. Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain itu, sayur ini juga kaya vitamin A yang membantu menjaga mata tetap tajam seiring dengan bertambahnya usia.

2. Edamame
Sayuran sejenis kacang-kacangan dari Jepang ini menjadi favorit bangsa China dan Jepang selama ribuan tahun. Kandungan kalsium dalam secangkir edamame yang dimasak adalah 98 miligram. Selain itu, edamame juga kaya protein non hewani yang kaya serat dan mengandung asam amino esensial.

3. BokCoy
Sayuran ini juga dikenal sebagai kubis atau sawi Jepang. Selain kalsium, bok choy juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan potasium, yang berguna untuk kontraksi dan relaksasi otot. Sering kram otot adalah tanda kekurangan mineral ini. Kandungan kalsium dalam bok choy adalah 74 miligram per cangkir.

4. Brokoli
Brokoli termasuk jenis sayuran super yang sangat kaya nutrisi. Selain kalsium, brokoli juga mengandung hampir dua kali vitamin C buah jeruk. Dua gelas brokoli mentah mengandung 86 miligram kalsium.

5. Okra
Rasanya yang berlendir kerap membuat sayur okra dimusuhi banyak orang. Padahal, ia tergolong kaya serat tidak larut yang berguna melancarkan buang air besar. Jadi selain memberi asupan kalsium bagi tubuh, okra juga menghilangkan risiko sembelit dan diare. Kandungan kalsium okra adalah 82 miligram per 1 gelas.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar