Ingin Meninggikan Badan Secara Alami? Ikuti Cara Berikut!

Tips meninggikan badan secara alami. (Foto: ruparupa)

Sukoharjonews.com – Tinggi badan seseorang ditentukan oleh banyak faktor, seperti jenis kelamin, asupan nutrisi, pola tumbuh kembang, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Namun, faktor genetik atau keturunan memegang peran paling besar dalam pertumbuhan dan tinggi maksimal seseorang.

Hingga saat ini, masih belum ada cara yang terbukti efektif meninggikan badan setelah melewati masa pertumbuhan. Umumnya, tubuh tidak meninggi lagi setelah usia 21 tahun. Namun, ada beberapa perubahan pola hidup bisa Anda terapkan untuk membantu postur tubuh tampak lebih tinggi. Dikutip dari Pyfahealth, pada Minggu (8/10/2023), berikut cara meninggikan badan secara alami:

1. Memperbaiki pola makan
Menerapkan pola makan sehat adalah cara meninggikan badan yang aman dan efektif. Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Anda juga perlu mengurangi makanan tinggi gula atau lemak trans. Selain itu, asupan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh untuk meninggikan badan dan meningkatkan kekuatan tulang, misalnya vitamin D, kalsium, dan protein. Beragam makanan tinggi vitamin D, kalsium, dan protein, misalnya daging tanpa lemak, telur, ikan tuna, dan ikan sarden. Konsumsi nutrisi tersebut secara rutin untuk menghindari penyusutan tinggi badan di masa lanjut usia karena osteoporosis.

2. Rutin berolahraga
Olahraga secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Anda bisa memilih olahraga yang bisa meninggikan badan dengan cepat, misalnya yoga, push-up, sit-up, berenang, bersepeda, dan lompat tali. Lakukan olahraga tersebut selama 30 menit per hari untuk hasil yang optimal.

3. Memperbaiki postur tubuh
Postur tubuh yang baik juga menentukan tinggi badan Anda. Anda dianjurkan untuk menegakkan badan saat duduk atau berdiri, karena membungkuk memicu tulang belakang bergeser dan menyesuaikan postur tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih pendek. Postur tubuh yang baik juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan sendi, serta melancarkan pernapasan.

Oleh karena itu, biasakan punggung Anda tegak, ketika duduk atau berdiri. Jika Anda mengalami gangguan postur tubuh, sebaiknya lakukan latihan khusus untuk memperbaiki kondisi Anda, misalnya pilates.

4. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup adalah cara meninggikan badan yang bisa Anda terapkan. Meski tidak memberikan hasil yang signifikan dalam jangka panjang, namun tidur yang cukup bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang. Orang dewasa dianjurkan tidur 7-9 jam per hari, sedangkan remaja usia 14-17 tahun dianjurkan tidur 8-10 jam per hari.

5. Berlatih yoga
Berlatih yoga sebenarnya tidak meninggikan badan dengan signifikan, namun memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, yoga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot dan meluruskan tulang. Dengan begitu, tubuh yang bungkuk bisa diubah menjadi lebih tegak dan Anda menjadi terlihat tinggi.

Itulah cara-cara meninggikan badan secara alami yang aman untuk dilakukan. Hindari penggunaan beragam produk peninggi badan instan yang dijual secara bebas di pasaran, misalnya susu atau suplemen, karena belum bisa dipastikan keamanannya untuk kesehatan. Jika cara-cara di atas tidak efektif meninggikan badan Anda, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk diberikan saran dan bantuan yang tepat.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar