Ingin Mengetahui Jenis Kulit Anda? Simak Penjelasannya Disini

Mengetahui jenis tipe kulit. (Foto: skinmart)

Sukoharjonews.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa, meski menggunakan sejumlah produk berbeda, kulit Anda tidak menunjukkan perbedaan atau perbaikan? Semuanya terasa seperti membuang-buang waktu, uang, dan tenaga? Kemungkinannya adalah Anda memilih produk yang salah! Kunci perawatan kulit yang efektif adalah menggunakan produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda dan di sinilah kesalahan Anda. Kebanyakan wanita kesulitan menentukan jenis kulit mereka dan hal ini menyebabkan mereka memilih produk yang salah dan tidak membantu sama sekali. Faktanya, penggunaan produk yang salah bisa memperburuk masalah kulit yang Anda hadapi.

Dikutip dari Bebeautiful, pada Minggu (26/8/2023), jenis kulit dapat dibagi menjadi 5 jenis utama – kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, kulit normal, dan kulit kombinasi. Ingin tahu penjelasannya? Simak disini:

1. Kulit Kombinasi
Jika tekstur kulit Anda terasa sangat berminyak di zona T yaitu area dahi, hidung, dan dagu, serta mulai mengering di sekitar pipi, Anda memiliki kulit kombinasi. Mungkin juga merupakan campuran kering dan berminyak di berbagai bagian wajah Anda. Orang yang memiliki kulit kombinasi memiliki pori-pori yang lebih besar dan tersumbat di sekitar hidung dan pori-pori mulai kabur ke arah pipi. Pori-pori ini paling mudah dikenali di pagi hari.

2. Kulit Sensitif
Jika kulit Anda sering terasa gatal dan mudah terpengaruh oleh perubahan cuaca, berarti Anda memiliki kulit sensitif . Sangat penting untuk merawat kulit sensitif dan menggunakan produk alami karena penggunaan bahan kimia secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kulit Anda terasa perih. Orang dengan kulit sensitif memiliki pori-pori normal hingga besar. Tips profesional: Jangan sering-sering mengganti produk perawatan kulit karena kulit sensitif Anda akan terbiasa dengan produk tertentu yang paling cocok untuknya. Mengganti produk secara terus-menerus akan memperburuk masalah.

3. Kulit Berminyak
Jika kulit Anda selalu terlihat seperti jari Anda setelah makan kentang goreng, Anda memiliki kulit berminyak . Rasanya berminyak dan berkilau hampir sepanjang hari dan faktor eksternal seperti berada di luar ruangan di bawah sinar matahari hanya memperburuk keadaan. Sebagai seseorang yang memiliki kulit berminyak, tujuan Anda adalah menjadikannya se-matte mungkin. Orang dengan kulit berminyak memiliki pori-pori besar yang tersumbat oleh minyak, keringat, dan kotoran, sehingga seringkali menimbulkan komedo hitam dan komedo putih. Mereka juga rentan terhadap jerawat dan jerawat yang berlebihan.

4. Kulit Kering
Ciri utama kulit kering adalah kulitnya menjadi terkelupas, tekstur dan permukaan kulit terasa kasar. Bahkan terkadang terasa gatal. Kulit kering seringkali terlihat kusam dan pucat karena kurang terhidrasi sehingga terasa seperti gurun tandus. Orang dengan jenis kulit ini memiliki pori-pori yang kecil dan rapat serta terlihat dehidrasi. Jadi jika kulit Anda mengalami salah satu gejala di atas dan musim dingin adalah mimpi buruk bagi Anda, berarti Anda memiliki kulit kering.

5. Kulit Normal
Jika kulit Anda terasa tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering, berarti Anda memiliki kulit normal. Pori -porinya minimal secara alami dan teksturnya lembut. Orang dengan jenis kulit seperti ini tidak perlu berbuat banyak, namun terhidrasi adalah suatu keharusan.

Untuk jenis kulit normal , ikuti rutinitas pembersihan-toning-pelembab harian Anda diikuti dengan pengelupasan kulit setidaknya tiga kali seminggu.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar