Ingin Memelihara Sapi? Simak Masalah yang Sering Terjadi Pada Sapi Berikut

Masalah yang sering terjadi saat memelihara sapi. (Foto: elders)

Sukoharjonews.com – Bagi peternak sapi, sapi memang masih menjadi primadona di dunia peternakan. Mengapa demikian? Karena banyak manfaat dari sapi yang bisa dijadikan rupiah. Mulai dari daging, kulit, susu, tulang, tenaga, sampai kotorannya.

Apalagi pemeliharaan sapi tergolong tidak begitu sulit. Selain itu, tidak memakan biaya tinggi dengan jenis pakan hijauan apa saja dan kandang sederhana. Namun tidak dipungkiri, memelihara sapi juga mempunyai kendala. Dikutip dari Star Farm, pada Kamis (15/6/2023), berikut masalah yang sering terjadi pada sapi yang dipelihara:

1. Terkena Penyakit
Anda tidak bisa menangkal virus mana yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan ternak. Hal ini yang membuat kemungkinan terjangkit penyakit pada hewan ternak sangat memungkinkan. Penyakit yang sering muncul pada sapi adalah sakit cacingan hingga mastitis pada sapi.

Untuk meminimalisir tumbuhnya penyakit pada sapi, maka Anda sering-seringlah melakukan pengecekan, baik pada sapinya maupun kandangnya.

2. Pencurian Ternak
Dengan nilai ekonomis yang tinggi, tak mengherankan bahwa tingkat pencurian sapi cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu berbagai keamanan dan kenyamanan tempat hidup sapi agar terhindar dari terjadinya pencurian. Gunakan pengaman pintu pada kandang dan jangan meninggalkan kandang dalam keadaan terbuka.

3. Langkanya Pakan Hijau
Pakan utama sapi adalah pakan hijuan yang hampir 90 persen menjadi makanan pokok. Sayangnya, kini pakan hijauan tidak lagi sebanyak dulu.

Ketersediaannya pakan yang terbatas membuat Anda harus menyediakan makanan pendamping hijauan. Beberapa makanan pengganti yang bisa diberikan adalah buah, susu, umbi-umbian dan lain sebagainya.

4. Kandang yang Layak
Ketersediaan kandang yang layak juga sering kali menjadi tantangan atau masalah bagi para peternak sapi. Dalam hal ini kandang yang ideal adalah kandang yang bersih, terawat dengan suhu normal, tidak terlalu lembab, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa masalah pada ternak sapi yang paling sering terjadi. Untuk menghindari permasalahan di atas, maka Anda perlu sering-sering melakukan cek kesehatan sapi, ketersediaan pangan, hingga kelayakan kandang.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar