Ingin Cantik Alami? Ini Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Manfaat madu untuk kesehatan. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, madu juga bisa untuk perawatan kulit dan kecantikan. Ini dikarenakan di dalam madu terdapat kandungan mineral dan antioksidan, sehingga bisa menjadikan madu sebagai bahan alternatif untuk mengatasi masalah kulit dan kecantikan.


Dilansir dari Women’s Health, Selasa (12/09/2023), cairan kental yang dihasilkan lebah ini juga banyak digunakan sebagai bahan dasar dari produk skincare. Dan juga bisa digunakan serta bermanfaat bagi semua jenis kulit, mulai dari jenis kulit kering, sensitif, sampai yang berminyak.

1. Membuat Kulit Tampak Cerah
Kulit wajah bisa semakin tampak lebih cerah dengan kamu memakai madu sebagai masker wajah. Madu bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

2. Bisa Mencegah Peradangan pada Kulit
Di dalam madu terdapat sifat anti bakteri dan antiradang yang dinilai bisa mencegah sekaligus mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat ataupun masalah kulit yang lain, misalnya dermatitis.


3. Dapat Menjaga Kelembapan Kulit
Madu juga bisa bermanfaat untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Sehingga bisa terhindar dari sejumlah masalah kulit yang diakibatkan oleh kulit kering.

4. Bisa Digunakan untuk Eksfoliasi Kulit
Manfaat lain yang bisa didapatkan dari madu yaitu bisa digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi kulit. Caranya, campurkan madu dengan soda kue, lalu gosokkan secara perlahan dan lembut dengan gerakan memutar pada wajah kemudian bilas dengan air dingin.

Dalam campuran tersebut, madu bekerja untuk menutrisi, membersihkan, dan melembapkan kulit. Sedangkan soda kue berperan dalam membantu menghilangkan sel kulit mati.

5. Membuat Tampak Lebih Awet Muda
Kandungan antioksidan alami yang terdapat pada madu akan membantu mengontrol timbulnya kerutan dan garis halus pada wajah. Pemakaian madu sebagai masker bisa meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih awet muda.

6. Menjaga Kelembapan Rambut
Kandungan asam amino, antioksidan, serta vitamin yang tinggi pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Gunakan madu sebagai masker rambut atau kondisioner setelah keramas, sehingga kesehatan dan kelembapan rambut tetap terjaga.

Namun jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga secara rutin, tidur berkualitas, dan menerapkan gaya hidup sehat. Dengan begitu, manfaat madu akan terasa lebih maksimal untuk kecantikan. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *