IMM Turun ke Jalan, Sayangkan Aksi Berujung Kerusuhan di Jakarta

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan gelar aksi di bundaran Tugu Kartasura menyayangkan aksi berujung kerusuhan di Jakarta, Kamis (23/5).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan turun ke jakan menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Tugu Kartasura, Sukoharjo. Aksi tersebut tidak terkait dengan aksi 22 Mei. Pasalnya, aksi tersebut dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional. Selain aksi Harkitnas, peserta aksi juga menyayangkan aksi demo yang berujung kerusuhan di Jakarta hingga menelan korban jiwa.


“Aksi ini memang terkait Harkitnas. Meski begitu, kami juga menyayangkan adanya aksi di Jakarta yang berjalan rusuh,” ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Chandra Mahardika Putri Dewanti.

Dikatakan Candra, sikap IMM Ahmad Dahlan tersebut sesuai dengan pernyataan sikap Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang juga menyayangkan adanya aksi di Jakarta pada 22 Mei kemarin. Menurutnya, PP Muhammadiyah juga sudah menyatakan sikap terkait aksi yang menelan korban jiwa tersebut.

Chandra menyerukan aksi serupa seperti yang ada di Jakarta jangan sampai terulang kembali. Semua masyarakat harus mengedepankan persatuan bangsa. Jangan sampai tergiring atau tergiur dengan informasi yang menyesatkan. Selain itu, IMM juga menyampaikan beberapa tuntutan terkait dengan penegakan hukum dan pengusutan kasus HAM. Selain itu, hukum yang adil dan terpenuhinya hak hidup rakyat Indonesia, adanya perlindungan pelecehan seksual pada perempuan.

Disisi lain, Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi yang terjun langsung di lokasi menyampaikan, mahasiswa mengajukan izin pada Polres Sukoharjo untuk menggelar aksi. Untuk itu, Polres memfasilitasi pengamanan aksi tersebut. “Pengamanan dilakukan agar jangan sampai aksi mahasiswa terjadi kejadian diluar skenario, tapi kami pantau aksi mereka tertib dan kami apresiasi,” ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan, aksi IMM tersebut berisi pesan yang baik. Para mahasiswa mengingatkan tentang persatuan bangsa. Mahasiswa juga menyayangkan aksi di Jakarta dimana sampai ada korban jiwa. Menurutnya, mahasiswa peserta aksi juga mendukung Polri dan TNI untuk mengungkap dalang dari kerusuhan. “Aksi ini intinya memperingati Hari Kebangkitan Nasional tapi tadi mereka sempat berbincang dengan kami sepakat untuk mengungkap dalang kerusuhan di aksi Jakarta,” ujarnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar