Ikuti 6 Kebiasaan Kecil Ini Agar Kamu Jadi Orang yang Lebih Produktif

Ikuti 6 kebiasaan kecil ini agar kamu jadi orang yang lebih produktif. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Banyak orang merasa jika mereka menjalani hari-harinya dengan tidak produktif. Terlebih, saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Kamu justru mendapatkan banyak gangguan yang bisa mengalihkan fokusmu.


Dilansir dari Your Tango, Rabu (5/4/2023), Kamu perlu membuat perubahan secepatnya untuk meningkatkan produktivitas dirimu sepanjang hari, ikuti 6 kebiasaan berikut yang dapat membantu kamu menjadi orang yang lebih produktif.

1. Susun Daftar Tugas
Menyusun daftar tugas secara sistematis bisa membantu kamu untuk mengatur waktu kerja yang tepat dan efisien. Mencoba mengingat semua hal yang harus kamu lakukan dalam sehari saja bisa sangat mengganggu ingatanmu. Maka kamu perlu menulisnya secara beurutan mulai dari yang paling penting agar bisa menjadi pengingat yang lebih sederhana. Kamu juga tidak akan melewatkan satupun tugasmu di hari tersebut.


2. Prioritaskan Satu Tugas untuk Satu Waktu
“Selanjutnya, daftar tugas yang telah kamu buat secara tidak langsung membantu kamu untuk menentukan prioritas tugas yang harus kamu selesaikan. Kamu bisa mencoba mengikuti Matriks Eisenhower untuk menetapkan prioritas dengan empat poin berikut.

-Tugas yang penting dan mendesak harus segera diselesaikan.
-Tugas yang penting tapi tidak mendesak harus dijadwalkan di lain waktu untuk diselesaikan.
-Tugas yang mendesak namun bisa kamu delegasikan kepada orang lain.
-Bukan tugas mendesak ataupun penting yang bisa kamu hapus dari daftar tugas.

Sebagian orang mungkin masih percaya jika multitasking membuat kamu produktif, namun kenyataannya justru akan membuat banyak hal terbengkalai. Oleh sebab itu, menentukan prioritas tugas bisa mengidentifikasi tugas apa saja yang sebenarnya harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tidak semuanya, tapi bisa membuat kamu menjadi lebih produktif.


3. Identifikasi Waktu Produktif
Bicara tentang waktu produktif biasanya akan mengarang ke istilah night person ataupun morning person. Setiap orang memang mempunyai waktu tertentu dalam sehari di mana dirinya bisa menjadi lebih produktif dan fokus terhadap pekerjaannya. Melakukan identifikasi waktu ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kamu.

Kamu bisa memulainya dengan menguraikan apa yang perlu dilakukan setiap hari dan kapan akan melakukannya. Sebagai contoh, kamu memilih tugas yang harus kamu selesaikan dalam waktu 25 menit. Ketika 25 menit tersebut selesai, kamu bisa beristirahat atau melanjutkan tugas berikutnya. Manajemen waktu seperti ini sangat penting untuk mendorong dirimu agar selalu fokus dan percaya diri dalam menyelesaikan semuanya.


4. Tentukan Waktu Istirahat
Orang yang produktif bukan berarti melakukan berbagai macam pekerjaan sepanjang hari. Kamu juga perlu menentukan waktu istirahat agar tidak jenuh dan stres. Tapi, jangan lupa masukkan waktu istirahat ini di daftar tugasmu agar tetap sistematis. Kamu bisa merencanakan untuk beristirahat selama 20 menit setelah kesibukan di pagi hari. Kemudian rencanakan waktu yang tepat untuk memulai pekerjaan selanjutnya sesuai jadwal yang telah kamu susun.

5. Jaga Dirimu
Bekerja dalam kondisi lelah justru akan mengurangi produktivitasmu. Hal ini juga bisa merusak jadwal tidur dan makan yang buruk karena terlalu banyak mencurahkan waktu untuk bekerja. Lebih baik bekerja selama satu jam dengan semangat daripada bekerja selama dua jam tetapi dalam kondisi kelelahan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *