Ibu Perlu Waspada, Ternyata Ini Adalah Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu setelah melahirkan.(Foto: popmama)

Sukoharjonews.com – Seperti diketahui bahwa ikan tinggi protein dan rendah lemak jenuh. Ikan juga diketahui mengandung banyak nutrisi, termasuk beberapa yang tidak ditemukan dalam makanan lainnya seperti yodium, vitamin D DHA, dan asam lemak omega-3.


Kemudian, beberapa nutrisi dalam ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan. Ditambah lagi, ketika diberikan kepada bayi melalui ASI, nutrisi seperti DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf, otak, dan mata bayi.

Dikutip dari Grid Health, pada Sabtu (26/7/2024), berikut jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi setelah melahirkan:

1. Ikan yang mengandung tinggi merkuri
Merkuri adalah logam berat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi. Ibu menyusui yang mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri tinggi berisiko menularkan merkuri tersebut melalui ASI, yang dapat memengaruhi perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

2. Ikan yang berpotensi menyebabkan alergi
Ikan tertentu diketahui dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang, terutama ikan laut. Reaksi alergi pada ibu menyusui bisa memengaruhi kesehatan bayi, terutama jika bayi juga rentan terhadap alergi.


3. Ikan asap atau mentah
Ikan asap atau mentah, seperti yang ditemukan dalam sushi atau sashimi, juga sebaiknya dihindari oleh ibu yang baru melahirkan. Makanan ini berpotensi mengandung bakteri seperti Listeria atau parasit yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi tersebut tidak hanya berbahaya bagi kesehatan ibu, tetapi juga dapat mengurangi kualitas ASI dan membahayakan bayi. Sebaiknya ibu yang baru melahirkan mengonsumsi ikan yang telah dimasak dengan sempurna untuk memastikan keamanannya.

4. Ikan dari perairan tercemar
Beberapa ikan yang ditangkap dari perairan tercemar, seperti sungai atau danau yang terkontaminasi limbah, mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, termasuk PCB (polychlorinated biphenyls) atau dioksin. Bahan kimia ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan berdampak buruk pada kesehatan bayi.

Pastikan ikan yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terpercaya dan tidak tercemar. Setelah melahirkan, penting bagi ibu untuk memilih ikan yang aman dan bergizi untuk dikonsumsi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *