Polres Dorong Masyarakat Aktifkan Pengamanan Swakarsa Poskamling

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi foto bersama para Kaposkamling usai apel, Selasa (15/5).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Polres Sukoharjo menggelar apel Kaposkamling dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan dan Pilgub Serentak 2018, Selasa (15/5). Dengan momen tersebut, Polres mendorong masyarakat untuk mengaktifkan kembali pola pengamanan swakarsa dengan Poskamling. Pasalnya, saat ini pegamanan swakarsa dengan Poskamling sudah mulau hilang.



Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, fungsi teknis Binmas salah satunya adalah membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dan lingkungannya. Disisi lain, Kaposkamling merupakan representasi dari kelompok masyarakat yang peduli terhadap pemgamanan swakarsa di lingkungannya.

“Pola-pola pengamaman jaman peninggalan lelulur kita dimana ronda malam di Poskammling yang dijadikan ajang komunikasi dan kumpul warga harus dilestarikan,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, Polres mencoba membangkitkan kembali semangat gotong royong dan semangat kebersamaan dalam menjaga lingkungan karena hal itu sangat penting. Menurutnya, walaupun sekarang jamannya sudah modern, Polres menilai keberadaan Poskamling sangat efektif. Terlebih lagi dengan hadirnya potensi-potensi masyarakat yang menyadari bahwa menciptakan keamanan semata-mata bukan hanya tanggung jawab Polri.

Partisipasi aktif Kaposkamling di masyarakat, ujarnya, merupakan penggerak-penggerak para relawan di lingkungan masing-masing. Kaposkamling mengajak lingkungannya untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kaitannya dengan Pilkada, melalui Kaposkamling diharapkan menjadi kepanjangan tangan Polres untukj memberikan informasi sekaligus menjaga.

“Apabila muncul model-model “black campaign” atau mungkin orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang berusaha membuat situasi Kamtibmas terganggu, kami segera mendapatkan informasi,” ujarnya.

Kapolres juga mengatakan, dengan Babikamtibmas yanbg berada di tengah-tengah masyarakat di pedesaan, menjadi ujung tombak Polres dalam menyerap informasi dari rekan-rekan Kaposkamling.

Untuk membangkitkan kembali poskamling, upaya yang dilakukan Polres untuk merangsang warga memperbaiki dan mengaktifkan Poskamling dengan menggelar kompetsi. Beberapa waktu lalu dilombakan Poskamling di tiap kecamatan atau kelurahan yang ditunjuk oleh masing-masing perangkatnya untuk dilombakan.

“Ini salah satu satu upaya “trigger” kami untuk kembali menghidupkan sistem Poskamling. Polda juga memiliki metode yang tidak jauh berbeda dengan Polres dimana masing-masing Polres juga diminta perwakilannya untuk dilaksanakan penilaian oleh Polda,” papar Kapolres. (erlano putra)



Share: