Hujan Es dan Angin Kencang Landa Sukoharjo, Pendopo Pemkab Rusak, Puluhan Pohon Tumbang

Pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Diler Ramayana Motor, Rabu (25/10/2023) sore.

Sukoharjonews.com – Hujdan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Bahkan, hujan es terjadi di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Rabu (25/10/2023) sore. Akibatnya, puluhan pohon tumbang dan Pendopo Graha Satya Praja Pemkab mengalami kerusakan.

“Angin kencang juga melanda kompleks Kantor Pemkab Sukoharjo. Genteng Pendopo GSP beterbangan, kanopi parkir bagian belakang juga roboh,” ujar Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Pemkab Sukoharjo, Budi Santoso.

Dari informasi yang terhimpun, angin kencang melanda Kecamatan Polokarto, Kecamatan Bendosari, Kecamatan Sukoharjo, dan Kecamatan Nguter. Hal tersebut mengakibatkan banyak pohon yang tumbang yang melintang di jalan.

Seperti di simpang tiga kejaksaan dimana pohon besar tumbang dan melintang di jalan sehingga Jalan Jenderal Sudirman ditutup hingga proses evakuasi selesai. Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di selatan SPBU Jombor dan menimpa sebuah mobil yang parkir di pinggir jalan.

Bencana angin kencang tersebut juga menyebabkan banyak baliho patah. Termasuk juga sejumlah kanopi di sepanjang Jalan Sudirman terpantau mengalami kerusakan. Bahkan, tenda PKL kuliner di GP3D juga terjungkir diterpa angin kencang.

“Untuk data kerusakan tengah didata oleh petugas. Saat ini kami juga sudah menerjunkan petugas untuk melakukan evakuasi pohon yang tumbang khususnya yang menghalangi jalan,” ujar Kepala Pelaksana BBD Sukoharjo, Aryanto.

Dikatakan Aryanto, proses evakuasi membutuhkan waktu karena pohon tumbang cukup banyak. Menurutnya, selain pohon tumbang, terpantau juga ada kabel listrik yang putus di beberapa lokasi. Salah satunya di barat Alun-alun Satya Negara. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar