Ragam  

Hujan Deras, Empat Desa di Polokarto Dilanda Banjir

Banjir yang terjadi di Rejosari, Kemasan, Polokarto, Minggu (13/12/2020) sore.

Sukoharjonews.com (Polokarto) – Hujan deras yang melanda Sukoharjo dan daerah sekitarnya sore tadi menyebabkan banjir di Desa Rejosari, Desa Kemasan, Desa Mranggen, dan Desa Sidorejo, Polokarto. Banjir dengan aliran air cukup deras terjadi karena anak sungai Samin meluap dan masuk ke hutan karet. Banjir juga menggenai jalan di Rejosari.



“Air di Sungai Samin sudah penuh sehingga aliran air dari anak sungai tidak bisa masuk ke Sungai Samin sehingga meluap,” ujar Partanto, warga Desa Rejosari, Minggu (13/12/2020).

Menurutnya, luapan air dari sungai masuk ke hutan karet dan sekitarnya. Sedangkan di banjir yang terjadi di jalan kampung lebih banyak karena derasnya air hujan yang turun. Disisi lain, saluran air tidak berfungsi maksimal sehingga air melbuer ke jalan-jalan.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto membenarkan banjir yang terjadi di DesaRejosari dan desa lain di Polokarto. Menurutnya, banjir terjadi karena anak Sungai Samin meluap. Ditanya apakah banjir masuk ke pemukiman, Maryanto mengaku luapan anak sungai tidak masuk ke pemukiman.

Kalau yang di pemukiman, ujar Sri Maryanto, lebih dikarenakan derasnya air hujan dan kurang maksimalnya saluran drainase yang ada. “Untuk wilayah lain masih aman. Hujan deras kali ini yang banyak terdampak wilayah timur karena hujan deras juga terjadi di Matesih, Karanganyar.

Meski begitu, Maryanto mengimbau masyarakat tetap waspada kemungkinan bencana banjir. Khususnya warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Samin. Pasalnya, dalam pantauan yang dilakukan sungai sudah penuh dengan aliran yang cukup deras. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *