Huawei Copot Android, Meluncurkan HarmonyOS Netx, Apa yang Baru di OS Ini?

Huawei HarmonyOS Next. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Huawei secara resmi telah meluncurkan HarmonyOS Next, versi asli terbaru dari HarmonyOS, pada acara peluncuran produk barunya. Sistem operasi generasi kelima ini menghadirkan serangkaian peningkatan signifikan, dengan fokus pada peningkatan privasi, peningkatan langkah keamanan, dan interaksi pengguna yang lebih lancar secara keseluruhan.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (24/10/2024), ditandai sebagai pembaruan terbesar dalam sejarah HarmonyOS, sistem ini hadir dengan arsitektur yang didesain ulang dan dibangun secara independen dari Android, dengan menekankan fitur dan keamanan asli.

1. Pembaruan UI dan Interaksi
HarmonyOS Next memperkenalkan “Pure HarmonyOS,” sebuah pendekatan desain baru yang berfokus pada daya tarik visual dan fluiditas, menggunakan pencahayaan yang imersif, animasi berbasis gravitasi, dan simetri sumbu pusat.

Kepala Desainer UX Yang Zhiyan menjelaskan bagaimana enam elemen – cahaya, gerakan, warna, kekuatan, waktu, dan ruang, menciptakan pengalaman digital yang kohesif. UI menampilkan wallpaper dinamis, jam digital cerdas, dan integrasi tema yang mulus, dengan layar kunci menyesuaikan estetika sinematiknya berdasarkan cuaca, posisi jam, dan efek pencahayaan untuk interaksi pengguna yang lebih alami.

2. Peningkatan Privasi dan Keamanan
Huawei mengedepankan keamanan dengan diperkenalkannya arsitektur “Star Shield” yang mengutamakan privasi dengan manajemen izin yang lebih ketat, menjaga data di perangkat, dan mencegah akses tidak sah. Ini memperkenalkan berbagi terenkripsi, memungkinkan pengguna membatasi akses file dan memblokir perekaman layar.

Sistem ini mengurangi pop-up izin sebesar 76% dibandingkan dengan iOS dan memastikan integritas aplikasi dengan hanya mencantumkan aplikasi yang ditinjau secara cermat. Huawei juga meningkatkan transparansi dengan log akses terperinci, memungkinkan pengguna memantau penggunaan data dan perilaku aplikasi.

3. Peningkatan Asisten Cerdas
XiaoYi Assistant yang diperbarui di HarmonyOS Next, didukung oleh model Pangu AI, menawarkan integrasi AI yang lebih dalam dengan pintasan suara, gerakan, dan bilah navigasi. Ini menangani tugas-tugas kompleks seperti peringkasan dokumen, pemetaan pikiran, dan pengeditan gambar berbasis AI. Pengguna dapat menarik dan melepas file untuk pemrosesan instan, sementara pemilihan lingkaran berbasis buku jari memungkinkan kueri cepat berbasis gambar atau identifikasi produk, sehingga meningkatkan kegunaan dan efisiensi.

4. Peningkatan Kinerja
Soft Bus Terdistribusi HarmonyOS Next meningkatkan kolaborasi lintas perangkat dengan fitur-fitur seperti berbagi galeri lintas perangkat, sinkronisasi clipboard, transmisi video dalam aplikasi, dan Tap-to-Share untuk berbagi file dan konten tanpa hambatan di seluruh perangkat Huawei.

Ark Engine telah disempurnakan lebih lanjut, mengintegrasikan komponen seperti grafis, multimedia, dan penjadwalan memori untuk pengalaman pengguna yang lebih lancar. Sistem ini mengklaim peningkatan kelancaran sebesar 30%, masa pakai baterai yang lebih lama hingga 56 menit, dan peningkatan multitasking dengan memori tambahan 1,5 GB.

5. Ketersediaan
HarmonyOS Next kini mendukung lebih dari 15.000 aplikasi dan layanan meta Harmony asli di 18 industri, memastikan kompatibilitas dan fungsionalitas yang luas. Beta publik telah dimulai dengan perangkat seperti Huawei Pura 70 Series, Pocket 2 Series, dan MatePad Pro 11-inci (2024). Lebih banyak perangkat, termasuk Mate XT | Ultimate Design, Nova Flip, dan MatePad Air akan menerima pembaruan pada awal tahun 2025. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *