Huawei Akan Meluncurkan HarmonyOS NEXT pada September, Selamat Tinggal Android?

Huawei HarmonyOS NEXT. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Konferensi pengembang Huawei pada bulan Juni diperkirakan akan menghadirkan peluncuran Beta dari versi HarmonyOS NEXT, sebuah tonggak penting bagi sistem operasi buatan perusahaan tersebut. Meskipun rincian resminya masih dirahasiakan, kebocoran baru-baru ini menunjukkan peluncuran yang lebih luas pada bulan September di berbagai kategori perangkat.


Dikutip dari Gizmochina, Senin (27/5/2024), Tipster Digital Chat Station mengklaim rencana internal untuk peluncuran HarmonyOS NEXT pada bulan September dengan kompatibilitas untuk “flagship candy bar, ponsel lipat, ponsel kelas menengah, tablet, dan jam tangan pintar” diharapkan pada paruh kedua tahun 2024.

Unggulan candy bar yang disebutkan dalam bocoran tersebut kemungkinan mengacu pada seri Huawei Mate 70 mendatang, yang berdasarkan laporan sebelumnya, diperkirakan akan diluncurkan pada awal September.

Secara teknis, dengan HarmonyOS NEXT, Huawei membuat terobosan total dari Android. Ini sepenuhnya membuang basis kode Android Open Source Project (AOSP) tradisional dan bergantung sepenuhnya pada kernel Hongmeng dan aplikasi sistem yang dikembangkan sendiri oleh Huawei, sehingga tidak kompatibel dengan aplikasi Android.


Meskipun ada perubahan ini, Huawei telah berhasil meyakinkan ribuan perusahaan dan institusi untuk mengembangkan aplikasi asli untuk HarmonyOS NEXT. Perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari 4.000 aplikasi asli telah dikembangkan untuk OS baru ini, dan masih banyak lagi yang akan segera dikembangkan. Aplikasi ini mencakup berbagai kategori seperti navigasi, berita, keuangan, dan permainan.

Sasaran resmi Huawei adalah menyediakan 5.000 aplikasi asli pada akhir tahun 2024, dengan visi jangka panjang untuk mencapai 500.000 aplikasi. Keberhasilan transisi ini akan sangat bergantung pada adopsi pengembang aplikasi dan pengalaman pengguna dengan ekosistem aplikasi baru.

Jangka waktu peluncuran di bulan September menunjukkan rencana peluncuran yang ambisius untuk Huawei. Apakah HarmonyOS baru dapat menjadikan dirinya sebagai alternatif yang layak di pasar sistem operasi seluler masih harus dilihat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *