HP OmniBook Ultra dan OmniStudio X AIO Desktop Diluncurkan, Didukung oleh CPU Intel dan AMD AI

HP OmniBook Ultra AI. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Memperluas portofolio PC baru yang didukung AI, HP baru saja mengumumkan laptop OmniBook Ultra dan komputer desktop OmniStudio X AIO. Kedua model dilengkapi dengan chipset berkemampuan AI dari AMD dan Intel yang menghadirkan akses ke banyak fitur.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (19/7/2024), berbeda dengan OmniBook X yang ditenagai Snapdragon X Elite, OmniBook Ultra adalah laptop berbeda yang dilengkapi prosesor seri AMD Ryzen AI 300. CPU ini dipasangkan dengan GPU Radeon 800M. Prosesor tersebut dipasangkan dengan RAM DDR5 hingga 32GB dan penyimpanan SSD PCIe Gen 4 hingga 2TB.

Ini menampilkan layar IPS LCD 1 inci 2,2K (2240 ​​x 1400) yang menawarkan dukungan layar sentuh dan rasio aspek 16:10. OmniBook Ultra adalah stasiun kerja yang dirancang untuk meningkatkan pengembangan LLM (model bahasa besar) dengan mendeteksi dan mengoreksi bias dalam model.

Baterai 68Wh memberi daya pada perangkat ini, yang menjanjikan pemutaran video selama 21 jam. Pilihan konektivitas mencakup dua port Thunderbolt 4, satu port USB-A, dan jack headphone 3,5 mm. Di bagian depan, Anda mendapatkan webcam 9MP untuk panggilan video.

Untuk audio, ada pengaturan quad speaker dengan DTS Ultra. Fitur penting lainnya termasuk pemindai sidik jari untuk keamanan, chip HP Wolf Security (perlindungan yang dibantu AI terhadap serangan siber), dan bobot 1,57 kilogram. Tubuhnya menggunakan 90 persen bahan daur ulang dan 5 persen plastik laut.

Selain laptop AI baru, perusahaan juga meluncurkan PC desktop OmniStudio X AIO dengan fungsi AI. Hadir dalam dua varian yakni pilihan 27 inci dan 31,5 inci. Bagian depan menawarkan resolusi 4K dan webcam 5MP.

HP telah menggunakan 25 persen logam daur ulang dan 35 persen plastik daur ulang konsumen serta memiliki sertifikasi EPEAT Gold dengan Climate dan ENERGY STAR. Menariknya, OmniStudio X versi 31,5 inci adalah PC AIO pertama yang menerima sertifikasi IMAX Enhanced.

Di bagian dalamnya, OmniStudio X dilengkapi dengan prosesor Intel Core Ultra 7, yang dapat dipasangkan dengan GPU NVIDIA RTX 4050. Ini menghadirkan serangkaian fitur AI seperti HP AI Companion yang membantu dalam pengeditan kreatif dan produktivitas.

Pembeli mendapatkan akses ke Z oleh HP AI Studio berkat AI generatif bawaan untuk pengembangan LLM. Untuk konektivitasnya terdapat koneksi USB-C yang mendukung kontrol video, audio, data, keyboard, dan mouse.

Harga dan Ketersediaan
HP telah mengumumkan OmniBook Ultra dalam pilihan warna Meteor Silver. Ini akan mulai dijual pada bulan Agustus dari situs resmi merek tersebut serta BestBuy. Ini memiliki banderol harga USD1.449 atau Rp23,3 jutaan.

Di sisi lain, HP OmniStudio X AIO juga akan mulai dijual bulan depan dan akan terdaftar untuk pembelian di HP.com. Ini memiliki label harga mulai dari USD1.149 atau Rp18,5 jutaan. Integrasi Galileo untuk Z oleh HP AI Studio akan hadir pada musim gugur 2024. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar