[HOAKS] Video Luhut Marah kepada Najwa karena Mendukung Demo UU Pilkada 2024

Hoaks video Luhut Marah kepada Najwa karena mendukung demo UU Pilkada 2024. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa video yang muncul di media sosial TikTok. Video berisi Luhut Binsar Pandjaitan yang diwawancarai Bajwa Shihab dengan gambar Peringatan Darurat Garuda BIru. Video tersebut diunggah pada 29 Agustus2024.

Dikutip dari laman Kominfo, Senin(16/9/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial TikTok mengenai video Luhut Binsar Pandjaitan diwawancarai oleh Najwa Shihab, dengan gambar Peringatan Darurat Garuda Biru, yang baru-baru ini merupakan simbol perlawanan terhadap UU Pilkada. Video tersebut diunggah pada 29 Agustus itu telah disukai 2,287 orang dan dibagikan ulang 148 kali.

Faktanya, unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id setelah ditelusuri ditemukan versi wawancara yang asli dan lengkap sejak tiga tahun lalu, tanpa logo Indonesia Darurat. Video itu diunggah di kanal YouTube asli Najwa Shihab dengan judul “Luhut: Banyak Orang Kumpul-Kumpul karena Birahi Kekuasaan (Part 2)” pada 24 September 2020.

Pada versi lengkap wawancara, terlihat sebelum Luhut memberikan pernyataan seperti di video TikTok tersebut, Najwa dan Luhut sedang membahas konteks Covid-19 dan penanganannya oleh pemerintah. Kemudian, Luhut mengatakan bahwa birahi politik pada saat pandemi di mana dalam konteks ini, yaitu Pilkada 2020, baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat harus ditahan terlebih dahulu untuk menghindari berkerumun di tengah pandemi.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/09/13/salah-video-luhut-marah-kepada-najwa-karena-mendukung-demo-uu-pilkada-2024/

– https://www.youtube.com/watch?v=L3FFu-9145s&t=574s. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *