[HOAKS] Video Emas Hitam Keluar dari Tanah saat Penggalian Tanah untuk Proyek Tol di Jawa Timur

Hoaks emas hitam keluar dari tanah di Jawa Timur. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di media sosial X/Twitter. Video tersebut menyertakan narasi tentang emas hitam yang tiba-tiba keluar dari tanah yang digali untuk protek jalan tol di Jawa Timur.

Dikutip dari laman Kominfo, Rabu (26/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah video pada media sosial X/Twitter dengan narasi “Emas hitam tiba-tiba keluar dari tanah ketika dilakukan penggalian tanah untuk proyek tol di Jawa Timur”. Video yang diunggah pada tanggal 29 Mei 2024 itu telah dilihat sebanyak 18.900 pengguna Twitter, disukai sebanyak 194 pengguna dan dibagikan ulang sebanyak 77 kali.

Faktanya, klaim dalam video pada media sosial X/Twitter tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Dilansir dari turnbackhoax.id, cairan hitam dalam video tersebut bukan emas hitam melainkan limbah yang bocor saat penggalian tanah dengan alat berat di Amerika Serikat.

Setelah ditelusuri dengan Google Lens, ditemukan artikel dari Periksa Fakta Mafindo yang menyebutkan bahwa penggalian tanah tersebut berada di Amerika Serikat, bukan di Provinsi Jawa Timur. Lebih lanjut, dilansir dari Agence France-Presse (AFP), cairan hitam tersebut keluar dari tanah akibat terdapat kebocoran pipa limbah saluran pembuangan saat penggalian tanah.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/06/20/salah-video-emas-hitam-keluar-dari-tanah-ketika-penggalian-tanah-untuk-proyek-tol-di-jawa-timur/

– https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GL9RF. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar