[HOAKS] Video Cara Menghemat Gas LPG Dengan Mengelem Karet Segel Tabung Gas

Hoaks cara menghemat gas LPG dengan mengelem karet segel. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa video yang diunggah di Facebook. Dalam video tersebut mengeklaim tata cara menghemat gas LPG 3 kilogram (kg) dengan cara mengelem rubber seal atau karetsegel pada tabung.

Dikutip dari laman Kominfo, Selasa (18/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim tata cara menghemat tabung gas LPG dengan cara mengelem rubber seal atau karet segel pada tabung. Unggahan video tersebut menampilkan petunjuk cara menghemat tabung gas LPG dengan melilitkan benang pada karet kemudikan diberi lem. Unggahan video juga dilengkapi dengan narasi “Lakukan ini. Gas di rumah tidak cepat habis dan makin irit”.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting membantah tata cara menghemat tabung gas LPG seperti yang dijelaskan pada klaim tersebut.

Lebih lanjut, Irto mengatakan bahwa karet yang dilem pada tabung gas justru akan mempersulit pengguna saat penggantian. Karet tabung perlu diganti secara berkala karena elastisitasnya akan berkurang seiring pemakaian.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/15/161700482/-hoaks-cara-menghemat-elpiji-dengan-mengelem-karet-tabung

– https://www.pertamina.com/id/news-room/news-release/klarifikasi-pertamina-terkait-sealkaret-lpg#:~:text=Rubber%20seal%20atau%20karet%20sil,dipasangkan%20pada%20valve%20tabung%20LPG. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar