[HOAKS] Video Bantuan Rp1,5 Miliar untuk Pekerja Migran Indonesia

Hoaks video bantuan Rp1,5 miliar untuk Pekerja Migran Indonesia. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks kali ini berupa video yang diunggah di mesia sosial. Video menunjukkan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Beny Rhamdani memberikan bantuan Rp1,5 miliar kepada 20 Pekerja Migran Indonesia.

Dikutip dari laman Kominfo, Selasa 910/9/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, memberikan bantuan Rp1,5 miliar kepada 20 Pekerja Migran Indonesia.

Faktanya, video tersebut adalah tidak benar atau hoaks. BP2MI melalui situs resminya bp2mi.go.id, mengklarifikasi bahwa video tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Kepala Biro Hukum dan Humas BP2MI, Hadi Wahyuningrum menjelaskan bahwa video yang dibuat adalah hasil dari manipulatif menggunakan teknologi deepfake yang disebarluaskan melalui akun palsu yang mengatasnamakan BP2MI.

Hadi Wahyuningrum juga menjelaskan bahwa BP2MI tidak pernah memberikan sejumlah uang sebagaimana video yang beredar dan apabila masyarakat menemukan video atau informasi serupa, maka dipastikan bahwa hal tersebut adalah hoaks. Lebih lanjut, BP2MI mengimbau kepada para Pekerja Migran Indonesia untuk berhati-hati terhadap informasi mencurigakan yang berisi penipuan melalui akun palsu yang mengatasnamakan BP2MI.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://bp2mi.go.id/berita-detail/bp2mi-tangkal-hoax-video-bantuan-rp-1-5-milyar-untuk-pekerja-migran-indonesia. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *