[HOAKS] Tiga Waktu Mandi yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Hoaks tiga waktu mandi yang bisa mengakibatkan kematian mendadak. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah hoaks diunggah di media sosial Facebook. Hoaks tersebut berupa video yang mengeklaim tiga waktu mandi yang dapat mengakibatkan kematian mendadak.


Dikutip dari laman Kominfo, Sabtu (1/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim tiga waktu mandi yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Unggahan video tersebut menyebutkan bahwa mandi tidak boleh dilakukan sembarangan waktu terutama pada 30 menit setelah asar karena kondisi darah dalam tubuh sedang panas, setelah magrib pukul 18.00-19.00 WIB dan sesudah salat Isya hingga pukul 24.00 WIB.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari cekfakta.tempo.co, menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. HM Rabain Muara Enim, Sumatera Selatan, dr. Sondang Jasmine Mustikasari, Sp.JP menyatakan bahwa seseorang atau pasien yang sudah pernah menderita penyakit jantung memiliki resiko mengalami serangan jantung apabila ada pemicunya.


Sejauh ini tidak ada penelitian yang mengaitkan hubungan serangan jantung dengan waktu mandi. Mandi pada waktu-waktu tertentu tidak menyebabkan seseorang meninggal dunia. Resiko serangan jantung dimiliki orang atau pasien yang sudah pernah menderita penyakit jantung, meskipun peningkatan tekanan darah bisa juga dipicu oleh perbedaan suhu saat mandi.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/2925/keliru-konten-yang-berisi-klaim-kematian-mendadak-yang-dikaitkan-dengan-waktu-mandi. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *