[HOAKS] Tentara China Bentrok dengan TNI di Wilayah Indonesia

Hoaks tentara China bentrok dengan TNI di wilayah Indonesia. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa video yang diuggah di Facebook. Dalam video menarasikan tentara China mulai berani melawan TNI secara terbuka di wilayah Indonesia. Tentara China disebut membawa senjata untuk menjaga aset investasi China seperti perkebunan sawit.

Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (11/10/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah video di media sosial Facebook dengan narasi yang menyebut bahwa tentara China mulai berani beraksi melawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara terbuka di wilayah Indonesia. Tentara China itu disebut membawa persenjataan untuk menjaga aset investasi China seperti perkebunan sawit.

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video lawas yang pernah beredar pada Juli 2022 dan tidak terkait dengan narasi tentara Cina. Video itu adalah peristiwa penertiban pelaku illegal mining (penambang liar) yang terjadi di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Dikutip dari kumparan.com, Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan peristiwa bentrok itu bermula dari penindakan hukum yang dilakukan tim gabungan Polda Aceh dan Polres Pidie terhadap pelaku penambangan ilegal di Pegunungan Bangkeh KM 21, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Saat itu petugas mengamankan empat terduga pelaku penambangan ilegal dan satu unit eskavator. Namun, saat hendak dibawa ke Polda untuk dilakukan pemeriksaan, petugas sempat mendapatkan penghadangan dari warga.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/3153/keliru-tentara-cina-bentrok-dengan-tni-di-wilayah-indonesia

– https://kumparan.com/acehkini/penindakan-pelaku-tambang-ilegal-di-pidie-sempat-diadang-ini-kata-polda-aceh-1yMr7ucxdmB. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *