[HOAKS] Tautan Penyaluran Bantuan PKH Rp500.000

Hoaks tautan penyaluran bantuan PKH Rp500.000. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Unggahan berupa hoaks ini muncul di media sosial dimana unggahan membagikan informasi tentang bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) disertai sejumlah tautan. Pengguna medsos diminta mengeklik tautan untuk mendapat bantuan Rp500.000.


Dikutip dari laman Kominfo, Rabu (28/8/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang membagikan informasi mengenai pemberian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang disertai sebuah tautan. Pengguna media sosial diminta mengklik tautan tersebut jika ingin mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp500.000.

Faktanya, unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari komnpas.com, setelah ditelusuri tim cek fakta mengecek tautan tersebut menggunakan WhereGoes untuk mengetahui situs yang dituju. Hasilnya menunjukan bahwa tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos).


Seperti yang diberitakan kompas.com, PKH adalah program bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran PKH dilakukan dengan mentransfer uang bansos langsung ke rekening penerima atau melalui Kantor Pos. Cara mengecek penerima PKH dapat dilakukan dengan mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh lewat Google PlayStore di ponsel Android.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/08/24/181500982/-hoaks-tautan-penyaluran-bantuan-pkh-rp-500.000

– https://www.kompas.com/tren/read/2024/08/05/140000265/cair-agustus-2024-ini-syarat-dan-cara-cek-penerima-pkh?page=all. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *