[HOAKS] Tautan Pendaftaran Penerima Bansos Program Keluarga Harapan 2024

Hoaks beredarnya tautan pendaftaran PKH 2024. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks kali ini berupa tautan pendaftaran Program Keluarga Harapan (PKH) 2024. Tautan tersebut beredar secara berantai. Program PKH sendiri merupakan bantuan sosial bersyarat untuk keluarga miskin yang sudah ditetapkan.

Dikutip dari laman Kominfo, Senin (27/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah tautan pendaftaran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) 2024. Diketahui PKH merupakan bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang sudah ditetapkan.

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, tautan pendaftaran penerima Bansos PKH adalah tidak benar. Untuk menerima bantuan sosial PKH, individu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Berdasarkan informasi dari indonesiabaik.id, pendaftaran DTKS dapat dilakukan secara mandiri dengan mengunjungi kantor desa atau kelurahan setempat.

Selanjutnya, akan diadakan musyawarah di tingkat desa atau kelurahan untuk membahas dan mengevaluasi kelayakan pendaftar sebagai penerima bantuan sosial. Sedangkan untuk pendaftaran secara daring dilakukan dengan mengunduh aplikasi “Cek Bansos” di Play Store atau App Store yang telah disediakan Kementerian Sosial. Bukan melalui tautan seperti yang beredar.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/05/25/penipuan-link-pendaftaran-penerima-bansos-pkh-2024/

– https://kemensos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh

– https://www.detik.com/jogja/bisnis/d-7306731/cara-daftar-bansos-pkh-2024-ini-syarat-nominal-dan-cek-status-penerimanya

– https://indonesiabaik.id/infografis/cara-daftar-dtks-agar-dapat-bantuan-sosial. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar