[HOAKS] Rutin Konsumsi Belimbing Wuluh Dapat Sembuhkan Mata Buram

Hoaks rutin konsumsi belimbing wuluh dapat sembuhkan mata buram. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa unggahan di media sosial Facebook. Unggahan
ini berisi konten Reels dengan barasi “cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mata buram jadi terang. Cukup konsumsi rutin belimbing wuluh setiap hari dengan cara merebus dan meminum airnya”.


Dikutip dari laman Kominfo, Selasa (27/8/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang berisikan konten Reels dengan narasi “cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mata buram jadi terang. Cukup konsumsi rutin belimbing wuluh setiap hari atau bisa dengan cara merebus dan meminum air rebusannya karena manfaat dari buah belimbing wuluh ini bisa membantu menerangkan mata buram anda.”

Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari tirto.id, Dokter Nurul Fajriah Afiatunnisa, dari Praktek Mandiri Dokter Nurul Rangkasbitung, menjelaskan bahwa konsumsi belimbing wuluh secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan mata buram adalah tidak tepat.


Hal tersebut dikarenakan, belum ada bukti penjelasan ilmiah dan medis yang menyebut bahwa konsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menyembuhkan mata buram. Mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menyelesaikan permasalahan mata buram. Sehingga, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya tanpa mengetahui tujuan dan manfaatnya. Penanganan mata buram harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://tirto.id/hoaks-belimbing-wuluh-dapat-sembuhkan-mata-buram-g2XZ. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *