[HOAKS] Rumah-rumah Hancur akibat Pantai Selatan Mengamuk

Hoaks pantai selatan mengamuk dan menghancurkan rumah warga. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di platform Youtube. Dalam video tersebut menyatakan jika pantai selatan mengamuk dan menghancurkan rumah warga. Padahal, narator dalam video tersebut hanya menyampaikan tentang peringatan dini BMKG.


Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (31/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di platform YouTube yang menyatakan bahwa pantai selatan mengamuk dan menghancurkan rumah-rumah warga.

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melihat video secara keseluruhan, narator dalam video tersebut tidak menyebutkan bahwa rumah-rumah hancur akibat tergulung ombak pantai selatan. Narator dalam video ini hanya menyampaikan tentang peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Ambon.


Hal tersebut tertulis dalam artikel yang dikeluarkan oleh ambon.tribunnews.com. Dalam artikel ini dituliskan bahwa BMKG Kota Ambon mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku dari tanggal 24 Mei hingga 25 Mei 2024. BMKG Kota Ambon juga mengimbau masyarakat pesisir dan yang hendak berlayar untuk selalu waspada.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/05/28/salah-rumah-rumah-hancur-akibat-pantai-selatan-mengamuk/

– https://ambon.tribunnews.com/amp/2024/05/24/tinggi-gelombang-capai-250-meter-bmkg-ambon-keluarkan-peringatan-dini-jumat-24-mei-2024. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *