[HOAKS] Provinsi Aceh Mempersiapkan Ibadah Haji Secara Tersendiri dan Lepas dari Kemenag

Hoaks Provinsi Aceh bersiap melaksanakan ibadah haji sendiri lepas dari Kemenag. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di media sosial Facebook. Dalam video tersebut mengeklaim jika Provinsi Aceh bersiap melakukan ibadah haji sendiri lepas dari Kementerian Agama (Kemenag).

Dikutip dari laman Kominfo, Senin (3/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Provinsi Aceh mempersiapkan ibadah haji sendiri lepas dari Kementerian Agama (Kemenag). Unggahan video tersebut menampilkan seorang pria yang menggunakan kemeja putih dan jas hitam serta klip video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dikaitkan dengan persiapan Provinsi Aceh untuk melaksanakan ibadah haji lepas dari Kemenag.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari liputan6.com, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo memastikan bahwa informasi Provinsi Aceh sedang mempersiapkan haji secara tersendiri atau lepas dari penyelenggaraan yang dilakukan Kemenag adalah tidak benar.

Lebih lanjut, narasi mengenai Aceh mempersiapkan ibadah haji secara tersendiri mencuat pada 2020 setelah pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia, padahal saat itu pembatalan keberangkatan ibadah haji bersifat nasional termasuk kuota haji pemerintah baik reguler maupun khusus, visa haji mujamalah atau undangan atau furada yang bersifat visa khusus yang diterbitkan oleh Arab Saudi.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4983406/cek-fakta-tidak-benar-aceh-mempersiapkan-haji-sendiri-lepas-dari-kemenag?page=4. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar