[HOAKS] Prabowo Lawan Perintah Presiden Joko Widodo, Tolak Mentah-mentah Kaesang Pangarep Jadi Gubernur DKI Jakarta

Hoaks Prabowo Subianto menolak mentah-mentah Presiden Jokowi terkait pencalonan Kaesang di DKI. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di platform Youtube. Video tersebut mengeklaim Prabowo Subianto melawan perintah Presiden Jokowi. Prabowo disebut menolak mentah-mentah Kaesang Pangarep menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Dikutip dari laman Kominfo, Kamis (13/6/2024), berikut imni cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube pada 6 Juni 2024 mengenai klaim yang mengatakan Prabowo Subianto lawan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menolak mentah-mentah Kaesang Pangarep untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah keliru. Dilansir dari turnbackhoax.id, pada video tersebut merupakan manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Dikutip dari artikel kompas.com berjudul “Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Diisi Petinggi Gerindra, Dasco: Itu Hak Presiden Terpilih”. Dalam video tersebut membahas tentang Prabowo Subianto membentuk Tim Gugus Tugas Sinkronisasi yang berisi petinggi Gerindra, untuk menyiapkan proses pemerintahan berikutnya pasca pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Narator juga membacakan artikel dari sindonews.com berjudul “Budi Djiwandono Tak Maju Pilgub Jakarta, Poster Duet Kaesang Cuma Gimmick?”. Artikel ini membahas tentang Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono menyampaikan dirinya tak akan maju dalam pertarungan Pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/06/10/salah-prabowo-lawan-perintah-jokowi-tolak-mentah-mentah-kaesang-jadi-gubernur-dki-jakarta/

– https://nasional.kompas.com/read/2024/06/02/14333551/tim-gugus-tugas-sinkronisasi-diisi-petinggi-gerindra-dasco-itu-hak-presiden

– https://nasional.sindonews.com/read/1386917/12/budi-djiwandono-tak-maju-pilgub-jakarta-poster-duet-kaesang-cuma-gimmick-1717117537?showpage=all. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar