[HOAKS] Pisang Dempet Sebabkan Anak Lahir dengan Kondisi Kembar Siam

Hoaks pisang dempet sebabkan anak lahir dengan kondisi kembar siam. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah informasi hoaks diunggah di media sosial Facebook. Informasi ini menyebutkan jika calon ibu yang sedang hamil tidak diperbolehkan makan pisang dempet karena bisa menyebabkan bayi terlahir kembar siam.


Dikutip dari laman Kominfo, Rabu(4/9/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang menyebut bahwa calon ibu atau wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan memakan pisang dempet karena dapat menyebabkan bayi akan terlahir menjadi kembar siam atau kondisi di mana bayi kembar terlahir dengan fisik yang terhubung.

Faktanya, klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari Tempo.co, dr. Mochammad Hud Suhargono, SpOG menyebut tidak ada hubungannya antara ibu hamil mengonsumsi pisang dempet dengan lahirnya bayi dengan kembar siam. Ia menjelaskan bahwa kembar siam terjadi karena gagal terpisahnya embrio setelah sel telur dibuahi sel spermatozoa.


Menurut dr. Suhargono, pisang dempet masih aman dikonsumsi bagi ibu hamil, hanya saja ibu hamil disarankan untuk memeriksa kondisi kandungannya secara rutin sejak awal kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan janinnya.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

-https://cekfakta.tempo.co/fakta/3072/keliru-klaim-video-makan-pisang-dempet-bisa-lahirkan-bayi-kembar-siam. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *