[HOAKS] Penerima Vaksin Covid-19 MRNA akan Meninggal dalam 3 atau 5 Tahun

Hoaks penerima vaksin Covid-19 MRNA akan meninggal dalam 3 hingga 5 tahun. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa unggahan informasi di media sosial Facebook. Unggahan tersebut mengeklaim jika penerima vaksin Covid-19 MRNA akan meninggal dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun.

Dikutip dari laman Kominfo, Kamis (30/5/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa penerima vaksin Covid-19 MRNA akan meninggal dalam 3 atau 5 tahun. Postingan itu merujuk pada pernyataan Dr. Dolores Cahill.

Faktanya, klaim dalam postingan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari tempo.co, berdasarkan hasil penelusuran, tangkapan layar yang disertakan dalam postingan tersebut berasal dari artikel berjudul “Ilmuwan Terkemuka: Semua Orang yang Telah Divaksin akan Meninggal Dunia dalam Tiga Sampai Lima Tahun” yang tayang di laman slaynews.com pada 1 Mei 2024. Artikel tersebut mengatakan Cahill mengeluarkan peringatan bahwa setiap orang yang mendapat vaksinasi Covid-19 berbasis mRNA akan meninggal dalam 3 sampai 5 tahun.

Namun, dalam artikel tersebut, Cahill tidak menyertakan penelitian atau sumber informasi yang relevan sebagai dasar klaimnya. Mengutip dari factcheck.org, Direktur Pusat Biodesain untuk Imunoterapi, Vaksin, dan Viroterapi di Arizona State University, Grant McFadden, menyatakan bahwa catatan keamanan vaksin mRNA sangat baik. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung prediksi bahwa vaksin tersebut akan menyebabkan komplikasi hingga kematian.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/2892/keliru-konten-berisi-klaim-penerima-vaksin-covid-19-mrna-akan-meninggal-dalam-3-atau-5-tahun

– https://www.factcheck.org/2021/04/scicheck-irish-professor-makes-unfounded-claims-about-long-term-effects-of-mrna-vaccines/

– https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-PENERIMA-VAKSIN-COVID-19-MRNA-AKAN-MENINGGAL-DALAM-3-ATAU-5-TAHUN. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar