[HOAKS] Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Mundur dari Kabinet

Hoaks tentang Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengundurkan diri dari kabinet. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks ini berupa video yang diunggah di Youtube. Dalam video tersebut mengeklaim jika Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengundurkan diri dari kabinet setelah dicecar DPR terkait Tapera dan pembangunan IKN.

Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (14/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial YouTube yang mengeklaim Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengundurkan diri dari kabinet setelah dicecar Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terkait Tapera dan juga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Faktanya, klaim yang menyebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengundurkan diri dari kabinet adalah tidak benar. Dilansir dari antaranews.com, dijelaskan bahwa isi video dalam unggahan tidak serupa dengan narasi judul.

Dalam video tidak ada pernyataan Menteri PUPR mundur dari kabinet. Lebih lanjut, video tersebut merupakan potongan dari live sidang DPR RI, videonya dapat diakses di YouTube DPR RI berjudul “BREAKING NEWS – KOMISI V DPR RI RAKER DENGAN MENTERI PUPR RI” pada 6 Juni 2024 dengan deskripsi Komisi V DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri PUPR, terkait Evaluasi APBN pelaksanaan anggaran tahun 2024 sampai bulan Mei 2024, pembicaraan pendahuluan RKA K/L dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun anggaran 2025 dan lain-lain.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://www.antaranews.com/berita/4148097/menteri-pupr-sekaligus-ketua-komite-tapera-basuki-hadimuljono-mundur-dari-kabinet-benarkah. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar